Analisis Landasan Keilmuan Komunikasi Islam
DOI:
https://doi.org/10.54621/jn.v1i1.218Keywords:
Keilmuan, Komunikasi, IslamAbstract
Komunikasi Islam bisa dijadikan sebagai komunikasi alternatif setelah komunikasi yang dikembangkan selama ini ternyata lebih banyak dipergunakan untuk memenuhi agenda tertentu, seperti penjajahan budaya dan bahkan agama melalui media massa, propaganda politik, hiburan, dan sebagainya. Kesemuanya dikemas untuk kepentingan orang-orang Barat sebagai pemegang kunci pembangunan kerangka keilmuan Komunikasi itu sendiri. Komunikasi Islam merupakan bidang kajian baru yang menarik perhatian sebahagian akademisi di berbagai perguruan tinggi. Keinginan untuk melahirkan komunikasi Islam muncul akibat falsafah, pendekatan teoritis dan penerapan ilmu komunikasi yang berasal dari Barat tidak sepenuhnya sesuai dengan nilai-nilai agama dan budaya Islam. Karena itu, timbul keinginan untuk mengkaji kembali berbagai aspek ilmu komunikasi menurut perspektif agama, budaya dan cara hidup umat Islam. Sumber primer ilmu komunikasi Islam adalah Al-Qur`an dan hadis Nabi saw., tetapi rumusan-rumusan, gagasan-gagasan, dan kerangka epistemologinya adalah kreasi manusia komunikasi Islam menjelaskan tentang usaha manusia untuk menelaah masalah-masalah obyektivitas, metodologi, sumber data validitas pengetahuan secara mendalam dengan menggunakan subyek Islam sebagai titik tolak berpikir. Penekanan pembahasan epistemologi adalah menelaah sumber-sumber ilmu komunikasi Islam dan dengan apa atau bagaimana mendapatkannya. Adapun sumber-sumber ilmu komunikasi Islam sama dengan ilmu-ilmu dalam perspektif Islam lainnya, yakni bahwa ilmu itu diperoleh dari Alquran dan Sunnah, penelaahan alam semesta, pengkajian terhadap diri manusia (anfus), dan penjelajahan terhadap tarikh (sejarah) umat manusia.
References
A.A. Gondokusumo, Komunikasi Penugasan: Bagi Eksekutif, Supervisor dan Karyawan, Jakarta: Gunung Agung, 1980.
Abdullah, Wawasan Dakwah: Kajian Epistemologi, Konsepsi dan Aplikasi Dakwah, Medan: IAIN Press, 2002.
Agus Toha Kuswasta & Uu Kuswara Suryakusumah, Komunikasi Islam dari Zaman ke Zaman, Jakarta: Arikha Media Cipta, 1990.
Alo Liliweri, Wacana Komunikasi Organisasi, Bandung: Mandar Maju, 2004.
Amsal Bakhtiar, Filsafat Ilmu, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.
Cik Hasan Bisri & Eva Rufaidah, Model Penelitian Agama dan Dinamika Sosial: Himpunan Rencana Penelitian, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.
Hasan Asari & Amroeni Drajat (ed.) Antologi Kajian Islam , Bandung: Cita Pustaka Media, 2004.
Maswadi Rauf dan Mappa Nasrun (ed.), Indonesia dan Komunikasi Politik, Jakarta: AIPI & Gramedia Pustaka Utama, 1993.
Onong Uchjana Effendy, Dinamika Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Onong Uchjana Effendy, Spektrum Komunikasi, (Bandung: Mandar Maju, 1994.
S. Djuarsa Sendjaja, Teori Komunikasi, Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka, 1994.
Saodah Wok, et. al., Teori-Teori Komunikasi, Kuala Lumpur: PTS Publications & Distributors SDN BHD, 2004.
Teri Kwal Gamble & Micael Gamble, Communication Works, New York: Random Hosue, 1984.
Toto Tasmara, Komunikasi Dakwah, Jakarta: Gaya Media Pratama, 1997.