Organization Management (Organization Communication Flow: Internal And Eksternal Communication Channels)
DOI:
https://doi.org/10.54621/jn.v4i2.239Keywords:
Management, Organization, CommunicationAbstract
Komunikasi yang merupakan dasar untuk koordinasi dan interaksi sering dianggap remeh dan kecil peranannya dalam organisasi. Sekarang ini justru komunikasi merupakan elemen terpenting dalam organisasi dan manajemennya. Keberhasilan personal dan program sangat tergantung dari keberhasilan komunikasi yang dilakukan para anggotanya. Baik dalam melakukan lobby, negosiasi, citra positif organisasi, maupun pencapaian tujuan internal organisasi dan hubungan yang baik antara anggotanya. Komunikasi dipandang sebagai sentral/pusat bagi keseluruhan dari enam elemen dalam manajemen organisasi, yaitu: ukuran organisasi (size), keterkaitan tindakan (interdependent actions), konteks tempat dan waktu (bounding in space and duration), kondisi sumber daya (input of resources), komunikasi (communication), dan target hasil (output of organization).
References
Abu Daud, Sunan Abu Daud, Software al-Maktabah Al-Syamilah Ishdar Versi 3.8, 2009), Juz 9,
Alo Liliweri, Makna Budaya dalam Komunikasi Antar Budaya, Cet. Ke-2, Yogyakarta: LkiS Yogyakarta, 2007
Ambar Teguh Sulistiyani, Kemitraan Dan Model-Model Pemberdayaan, GavaMedia, 2004.
Astrid S.Susanto, Pengantar Sosiologi dan Perubahan Sosial, Binacipta, 1985
Al-Bukhari, Sahih al-Bukhar i(Software al-Maktabah Al-Syamilah Ishdar Versi 3.8, 2009), Juz 8,
Burhan Bungin, Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat, Cet. 3, Jakarta: Kencana, 2008
Cees Leeuwis, Komunikasi Untuk Inovasi Pedesaan, terj: Imam Suharto, Cet. 10 Yogyakarta: Kanisius
John M. Ivancevich, Perilaku dan Manajemen Organisasi, Jild. 1, terj: Gina Gania, eds. 7 Jakarta: Erlangga, 2005
R. Wayne Pace, Komunikasi Organisasi Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan, Terj. Deddy Mulyana, cet. VIII, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013
Raymond McLeod Sistem Informasi Manajemen, terj: Ali Akbar Yulianto, eds. 10 Jakarta: Selemba Empat, 2008
Sr. Maria Assumpta Rumanti, Dasar-Dasar Public Relations: Teori dan Prektik, cet. 3, Jakarta, Grasindo, 2005
Stephen P. Robbins, Perilaku Organisasi, jild. 2, terj: Diana Angelica, eds. 12, Jakarta: Selemba Empat, 2008
Stephen W. Littlejohn, Teori Komunikasi, terj: Muhammad Yusuf Hamdan, Jakarta: Selemba Humanika, 2009
Tommy Suprapto, Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi, cet. 1, Yogyakarta: Media Pressindo, 2009
Wiryanto, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Grasindo, 2009.