Pesan Dakwah Pesan Dakwah Dosen IAI Al-Aziziyah Samalanga Melalui Media Sosial
DOI:
https://doi.org/10.54621/jn.v9i1.377Keywords:
Pesan Dakwah, Media Sosial, GlobalAbstract
Penelitian ini merupakan sebuah analisis wacana kritis, bertujuan untuk mengetahui isi pesan dakwah yang terkandung dalam media sosial. Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa Islam adalah agama dakwah yang harus dilakukan setiap muslim sesuai dengan kemampuan masing masing. Di era global dan kemajuan teknologi informasi seperti sekarang, dakwah tidak hanya melalui mimbar, namun dapat melalui banyak media lain seperti media sosial, yaitu: whatsapp, instagram, facebook, twitter dan sebagainya. Salah satu media sosial yang paling banyak dipergunakan saat ini adalah youtube. Salah satu yang menjadi kasus penelitian ini adalah diyoutube yang postingan postingannya bermuatan dakwah Islam dengan rubrik-rubrik tertentu di dalamnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik Analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tema yang paling banyak disampaiakn oleh dosen kepada mahasiswa dalam pembelajaran di Institut Agama Islam Al-Aziziyah adalah persoalan akhlak, disusul persoalan aqidah dan syari’ah. Aspek tematik pesan dakwah dalam youtube berkaitan topik yang ringan tentang kehidupan sehari-hari.
References
Abdul Rosyad Shaleh, Manajemen Dakwah Islam, Bulan Bintang, Jakarta, 1997.
Farthul Bahri An Nabiry, Meniti Jalan Dakwah Bekal Perjuangan Pada Da’I, Jakarta: Amzah, 2008.
Harjani Hefbni, Metode Dakwah, Jakarta: Prenada Media, 2003.
Irawan Soeharto, Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Remaja Poesdakarya, 2004.
Moh, Ali Aziz, Ilmu Dakwah, Jakarta: Kencana, 2004.
Muhammad Munir&WahyuIlahi, Manajemen Dakwah, (Jakarta: Prenada Media, 2006.
Najamuddin,Metode Dakwah, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2008.
Nurul Zuriah, Metode Penelitian Sosial dan Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2006.
Riduan, Skala Penggukuran Variable Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2005.
Samsul Munir Amin, Ilmu Dakwah, Jakarta: Amzah, 2009.
Published
Versions
- 2022-06-29 (2)
- 2022-06-29 (1)