Eksistensi Facebook Dalam Memaksimalkan Fungsi Komunikasi Era New Normal

Authors

  • Faridah Faridah Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai
  • Muhammad Yusuf STAI DDI KOta Makassar
  • Nur Setiawati Universitas Muslim Indonesia Makassar
  • Irwan Setiawan Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

DOI:

https://doi.org/10.54621/jn.v9i2.378

Keywords:

Eksistensi Facebook, Fungsi Komunikasi, New Normal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang eksistensi facebook dalam memakasimalkan fungsi komunikasi era new normal. Penelitian ini menggunakan  penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah  dengan cara wawancara melalui penyebaran kuesioner, Observasi, Dekumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa facebook merupakan media komunikasi yang paling gemari oleh masyarakat dewasa ini, eksistensinya sangat diperlukan untuk kelancaran aktivitas di berbagai aspek kehidupan dan berbagai urusan umat dan masyarakat, sehingga dalam hal proses komunikasi facebook tetap dapat memaksimalkan fungsi komunikasi di era new normal.

References

Hafied Cangara, Perencanaan dan Strategi Komunikasi, Edisi Revisi, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2017.

https://www.kompasiana.com/rinaerikasinaga/5f37e1f4d541df22c3307102/strategi-komunikasi-di-era-new-normal?page=all, diakses 27 Desember 2021

JURNAL_TSK.06 18 SyaE.Pdf (Unair.Ac.Id), diakses 7 Januari 2021.

Mujahidah, Pemanfaatan Jejaring Sosial (Facebook) Sebagai Media Komunikasi, diakses 7 Januari 2021.

Onong Uchyana Effendi, Ilmu Komunikasi, Teori Dan Praktik, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2026.

Rulli Nasrullah, Media Sosial :PerpektifKomunikasi, Budaya dan SosioTeknologi, Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2017.

Sumber: Https://Mediaindonesia.Com/Opini/316333/New-Normal-dan-Komunikasi-Termediasi, diakses 10 Januari 2021.

Sarif Hidayat, Hari Suryantoro dan Jansen Wiratama, Pengaruh Media Sosial Facebook TerhadapPerkembangan E–Commerce Di Indonesia, Diakses 25 Desember 2020.

OnongUchyana Effendi, IlmuKomunikasi, teori dan praktik, Bandung: RemajaRosdakarya, 2026.

Rulli Nasrullah, Media sosial :perpektifkomunikasi, budaya dan sosioteknologi, Bandung: SimbiosaRekatama Media, 2017.

Sumber: Https://Mediaindonesia.Com/Opini/316333/New-Normal-dan-Komunikasi-Termediasi, diakses 10 Januari 2021

https://www.kompasiana.com/rinaerikasinaga/5f37e1f4d541df22c3307102/strategi-komunikasi-di-era-new-normal?page=all, diakses 27 Desember 2021

https://www.kompasiana.com/rinaerikasinaga/5f37e1f4d541df22c3307102/strategi-komunikasi-di-era-new-normal?page=all

Sumber: Https://Mediaindonesia.Com/Opini/316333/New-Normal-dan-Komunikasi-Termediasi, diakses 10 Januari 2021

Sumber: https://mediaindonesia.com/opini/316333/new-normal-dan-komunikasi-termediasi, diakses 7 Desember 2020.

Sumber: Https://Mediaindonesia.Com/Opini/316333/New-Normal-dan-Komunikasi-Termediasi, diakses 7 Januari 2021.

Sumber: Https://Mediaindonesia.Com/Opini/316333/New-Normal-dan-Komunikasi-Termediasi, diakses 10 Januari 2021

Published

2022-12-30

How to Cite

Faridah, F., Yusuf, M., Setiawati, N., & Setiawan , I. . (2022). Eksistensi Facebook Dalam Memaksimalkan Fungsi Komunikasi Era New Normal. Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 9(2), 132-150. https://doi.org/10.54621/jn.v9i2.378

Issue

Section

Artikel