Muhadharoh Untuk Meningkatkan Kemampuan Kalam Santri PP Nurul Hakim Kediri Lombok Barat
DOI:
https://doi.org/10.54621/jn.v9i2.471Keywords:
Muhadhrah, Bahasa Arab, Kalam, ProgramAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) kegiatan muhadharah dari segi persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. (2) faktor pendukung dan penghambat kegiatan muhadharah. (3) dampak dari kegiatan muhadharah terhadap kalam santri PP Nurul Hakim Kelas Khusus Kediri. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : Observasi terhadap kegiatan muhadaroh di PP Nurul Hakim Kelas Khusus Kediri dalam meningkatkan kemampuan kalam santri. Wawancara dilakukan kepada asatidz, pengurus, dan para santri yang mengikuti kegiatan muhadharah. Dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data tentang keadaan kegiatan yang dilakukan santri pada saat melaksanakan kegiatan muhadaroh. Subjek dari penelitian ini adalah santri PP Nurul Hakim Program pendidikan Khusus dari kelas VII Mts sampai kelas X ‘aliyah tahun pelajaran 2021-2022. Hasil penelitian ini menunjukkan; (1) Diantara persiapan dalam muhadharah adalah teks muhadharah, hafalan muhadharah, lokasi muhadharah, dan seragam Muhadharah. Kemudian pelaksanaan muhadharah diantaranya adanya MC, adanya tilawatil Qur’an, kemudian muhadharah atau pidato, stand up comedy dan evaluasi dilakukan setelah semua rangkaian acara selesai. Evaluasi dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemajuan pelaksanaan muhadarah dan mengoreksi penampilan santri, sehingga di acara muhadarah berikutnya lebih maksimal. (2) Factor pendukung dan penghambat kegiatan muhadharah di PP Nurul Hakim Kediri. Adapun factor pendukungnya adalah adanya lokasi dalam kegiatan muhadharah, adanya pengurus untuk mengurus kegiatan muhadharah, yang terakhir adanya santri yang melaksanakan kegiatan muhadharah. Sedangkan factor penghambat kegiatan muhadharah adalah santri tidak menguasai teks pidato yang disampaikan, Kurangnya disiplin waktu pada saat kegiatan muhadaroh, santri tidak sungguh-sungguh dalam muhadharah. (3) Kegiatan program muhadhrah di PP Nurul Hakim dapat meningkatkan kemampuan bahasa arab santri dar segi kalam, istima’, kitabah, dan Qira’ah dengan baik dan benar.
References
Daniswara, Damateja Andika, ‘Pelaksanaan Kegiatan Muhadharah Di Beberapa Pondok Modern Sebagai Upaya Melatih Maharah Al Kalam Santri’, Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa IV, 2020, 236
Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru (PT Remaja Rosda Karya, 2007)
Qomi Akid Jauhari, ‘Pembelajaran Maharah Al Istima’ Di Jurusan PBA UIN Maulana Malik Malang’, At Ta’dib, Vol. 8 No. (2015)
Rompoko, Hadi, Paduan Pidato Luar Biasa (Yogyakarta: Megabooks, 2012)
Samsul, Romli, Jurnalistik Dakwah (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2003)
Siswanto, Pengantar Manajemen (Jakarta: Bumi Akasara, 2012)
Siti Fatimah, ‘Peningkatan Kemampuan Maharah Al-Qira’ah Bagi Siswa-Siswi Kelas VII-K Melalui Model Pembelajaran Inquiri Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Malang’, Proceeding of International Conference on Islamic Education, Vol 4 (2019), 348
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2014)
Syakir Asmuni, Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam (Surabaya: Al –Ikhlas, 1982)
Zaina, Anna Gustina, Public Speaking Cerdas Saat Berbicara Di Depan Umum (Bandar Lampung: CV.EUREKA MEDIA AKSARA, 2022)
Zuhri, Saifuddin, Metode Penelitian Praktis (Pustaka Pelajar, 2010)