Korelasi Komunikasi Interpersonal Wali Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa di SMP Sirajul 'Ibad Aceh Selatan
DOI:
https://doi.org/10.54621/jn.v10i2.489Keywords:
Korelasi, Komunikasi, InterpersonalAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui bentuk, faktor pendukung dan penghambat serta proses komunikasi interpersonal wali kelas dalam memotivasi belajar siswa di SMP Sirajul 'Ibad Aceh Selatan. SMP Sirajul 'Ibad merupakan bagian dari Dayah Sirajul 'Ibad yang terletak di Meukek Kabupaten Aceh Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriftif. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan gabungan/triagulasi. Hasil penelitian ini bentuk komunikasi interpersonal wali kelas yang diwujudkan dalam sikap keterbukaan, empati, dorongan, sikap positif dan kesetaraan mempengaruhi motivasi siswa.Peran Komunikasi Interpersonal wali kelas yang membuat siswa lebih memahami pelajaran, mendorong siswa untuk lebih bersemangat,membuat siswa bersemangat datang ke sekolah, membuat siswa semangat untuk belajar dan bersaing meraih prestasi. Faktor pendukung dalam komunikasi interpersonal yang terjadi antara guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar adalah keakraban ustadzah dengan siswa. Faktor penghambat dalam komunikasi interpersonal yang terjadi antara guru dan siswa adalah murid sulit memahami materi yang diberikan. Proses Komunikasi Interpersonal Wali Kelas Dalam Memotivasi Belajar Siswa di SMP Sirajul 'Ibad Aceh Selatan adalah Sensasi, Asosiasi, Persepsi, Memori dan Berpikir.
References
Abdul, Wahid. 2010. Konsep Dakwah Dalam Al-Qur’an dan Sunnah, Banda Aceh: Pena. mir, Samsul Munir. 2009 Ilmu Dakwah, Jakarta: Amzah.
Adib, Muhammad. “Persepsi Mahasiswa IMARAH Terhadap Dakwah Ustadz Idrus di Media Youtube”. Palembang: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Negeri Raden Fatah Palembang. Diakses pada tanggal 26 Juni 2021.
Arifin, Anwar. Dkk. 2011 .Ilmu Komunikasi Sekarang dan Tantangan Masa Depan. Jakarta: Prenadamedia Group
Aziz, Moh. Ali. 2016. Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana.
Azwar, Saiffudin. 2007. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offiset.
Basit Abdul, 2013 Filsafat Dakwah Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Deddy Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: Remaja Rosdakarya:2001.
Eriyanto. 2008. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: PT LkiS Pelangi Aksara.
Jalaluddin rakhmat, Psikologi Komunikasi. Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010 .
Sarwono, Sarlito W. 2014. Psikologi Lintas Budaya, Jakarta: Rajawali Pers.
Sasa Djuarsa Sendjaja, Teori Komunikasi, Jakarta : Universitas Terbuka : 1994.
Sobur, Alex. 2013.Psikologi Umum dalam Lintasan Sejarah.Bandung: Pustaka Setia.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualtitatif, Kombinasi dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suranto Aw, Komunikasi Sosial Budaya, Yogyakarta: Graha Ilmu,2010.
Syukur, Asmuni. 1983. Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam. Surabaya: AlIkhlas.
Undang – undang nomur 20 tahun 2003 tentang System Pendidikan Nasional
Wahyono, Edi. “Dakwah Digital Sang Habib Muda” 1 Juni 2019, diakses 24 Juni 2022. https://news.detik.com/x/detail/intermeso/20190601/Dakwah-Digital-Sang-Habib-Muda/.