Strategi Komunikasi Pemasaran Master Stokis Shannen Palembang Melaui Seminar Bussines Opportunity Shannen (BOS)

Authors

  • Shendy Rezaldo Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Hamidah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Muhammad Randicha Hamandia Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.54621/jn.v10i1.614

Keywords:

Komunikasi Pemasaran, Seminar, Stokis Palembang, Peluang Bisnis

Abstract

Komunikasi merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam perekonomian, terutama dalam memasarkan suatu produk. Dengan menggunakan komunikasi pemasaran yang tepat dapat meningkatkan nilai dan hasil penjualan suatu produk. Strategi komunikasi yang efektif akan menghasilkan ide dan konsep untuk menentukan arah dan tindakan yang diinginkan dalam suatu bisnis. Teori yang digunakan adalah teori aidda (perhatian, minat, keinginan, tindakan) dimana segala bentuk promosi harus berdasarkan langkah demi langkah yang terencana. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Yang mendalami gejala-gejala tersebut. kemudian diinterpretasikan dan sesuai dengan konteksnya sehingga diperoleh kesimpulan yang objektif dan wajar sesuai dengan gejala yang ada dalam konteks tersebut dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan ke master stockist Shannen Palembang. Data dikumpulkan kemudian dideskripsikan sesuai kebutuhan, dianalisis dan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan adalah dengan perhatian, dimana komunikator harus mampu menciptakan pesan yang positif tentang produk yang ditawarkan, dan komunikator harus memiliki personal selling  yang baik, dan keberhasilan strategi komunikasi pemasaran ini juga tergantung pada apakah komunikator persuasif atau tidak dalam kegiatan promosi untuk mengubah sikap dan perilaku konsumen.

References

Dina Sarima. Upline Master Stokis Shannen Palembang. Wawancara tanggal 17 Maret 2023.

Feri Gunawan. Upline Master Stokis Shannen Palembang. Wawancara tanggal 16 Maret 2023.

Koran Jakarta. 2019. Shannen Merk Kosmetik Lokal Peluang Usaha Mandiri Berpenghasilan Jutaan. https://koran-jakarta.com/shannen-merk-kosmetik-lokal-peluang-usaha-mandiri-berpenghasilan-jutaan?page=all Diakses pada 15 September 2022.

Mardiyanto Doni, Giarti, Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran (Studi Kasus Strategi Komunikasi Pemasaran Merchandise Di Kedai Digital 8 Solo), Jurnal Edunomika, Vol. 03, No. 01, Februari 2019.

Marzuki Muhammad, Analisis Bisnis MLM Ditinjau dari Sisi Mudharatnya. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-isu Sosial, Vol 19, No. 1: 116-127, Juni 2021

Oktarina Yetti, Yudi Abdullah. 2017. Komunikasi dalam Perspektif Teori dan praktik. Yogyakarta: DEE Publish

Prayudi Nugraha Dwi. 2020. Riview Shanen Kosmetik Halal. https://sites.google.com/view/shannen-beauty/beranda Diakses pada 15 September 2022.

Seriyani. Owner Master Stokis Shannen Palembang. Wawancara tanggal 14 Maret 2023.

Suyitno, 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Akademia Pustaka: Tulung Agung.

Zulaikha, 2020. Bisnis UMKM di Tengah Pandemi. Unitomo Press: Surabaya.

Published

2023-06-27

How to Cite

Rezaldo, S., Hamidah, & Randicha Hamandia, M. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Master Stokis Shannen Palembang Melaui Seminar Bussines Opportunity Shannen (BOS). Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 10(1), 63-85. https://doi.org/10.54621/jn.v10i1.614

Issue

Section

Artikel