Persepsi Mahasiswa Terhadap Dakwah Habib Jafar Di Channel Youtube Pemuda Tersesat

(Studi Pada Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam Angkatan 2017 Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)

DOI:

https://doi.org/10.54621/jn.v10i2.623

Keywords:

Persepsi, Dakwah, Habib Jafar, Channel Youtube

Abstract

Dakwah merupakan kegiatan menyeru, mengajak dan mengajak manusia untuk beriman dan taat kepada Allah SWT. Aqidah, Syariah, sesuai dengan garis moralitas Islam. Dakwah adalah perjuangan untuk menjelaskan mana yang benar dan mana yang salah, perjuangan untuk menegakkan keadilan dan memberantas kejahatan. Masalah dalam penyelidikan ini adalah Habib Jafar mengirim dakwah melalui akun saluran YouTube-nya. Yakni target dakwahnya: pemuda yang hilang, yakni pemuda milenial. Tujuan penelitian ini untuk Persepsi Mahasiswa Terhadap Dakwah Habib Jafar Di Channel Youtube Pemuda Tersesat Meskipun penelitian ini termasuk konten empiris dan hukum, spesifikasi penelitian bersifat deskriptif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik target sampling, yaitu teknik memperoleh sampel sumber dengan pertimbangan tertentu sesuai dengan yang peneliti butuhkan dengan cara mengamati, mewawancarai, dan mendokumentasikan. Analisis data, seperti yang digunakan oleh Miles dan Huberman, terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pesan Habib Husein Ja'far mengandung pentingnya pesan moral refleksi diri atau perbaikan diri. Dalam Islam, Allah SWT telah memerintahkan pemeriksaan diri. Anda telah meningkatkan dan mengubah diri Anda menjadi lebih baik sebelum meminta orang lain untuk meningkatkan Bagaimana teks dihasilkan dalam hal kognisi sosiali.

References

Abdul, Wahid. 2010. Konsep Dakwah Dalam Al-Qur’an dan Sunnah, Banda Aceh: Pena. mir, Samsul Munir. 2009 Ilmu Dakwah, Jakarta: Amzah.

Adib, Muhammad. “Persepsi Mahasiswa IMARAH Terhadap Dakwah Ustadz Idrus di Media Youtube”. Palembang: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Negeri Raden Fatah Palembang. Diakses pada tanggal 26 Juni 2021.

Arifin, Anwar. Dkk. 2011 .Ilmu Komunikasi Sekarang dan Tantangan Masa Depan. Jakarta: Prenadamedia Group

Aziz, Moh. Ali. 2016. Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana.

Azwar, Saiffudin. 2007. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offiset.

Basit Abdul, 2013 Filsafat Dakwah Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Eriyanto. 2008. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: PT LkiS Pelangi Aksara.

Google Form, “Kuesioner Penelitian Persepsi Mahasiswa Terhadap Dakwah Habib Jafar Di Channel Youtube Pemuda Tersesat Pada Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam Angkatan 2017 Uin Raden Fatah Palembang”, tanggal 1 Juli 2022 sampai dengan tanggal 8 Juli 2022.

Hambali, Machbub. “Pengaruh Isi Dakwah Ustadz Abdul Somad di Youtube Terhadap Persepsi Keislaman Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Salatiga Tahun 2017”. Salatiga. Diakses pada tanggal 27 Juni 2021

Hasyim, Hasanah. “Teknik-teknik Observasi (Sebuah Alternatif)”. Jurnal At-Taqaddun Vol 8 No. 1, 2016

KPI Raden Fatah, “Sejarah Prodi”, 2019, diakses 24 Juni 2022. https://kpi.radenfatah.ac.id/pages/sejarah-prodi.

Liliweri, Alo. 2015 Komunikasi Antar Persona. Akarta:Prenadamedia Group.

Masmuddin dan Efendi P. 2014. Pengantar Ilmu Dakwah. Cet. I; Plp: Read Institute Press.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nasrullah, Rulli. 2017. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nurudin. 2010. Media Sosial Baru dan Munculnya Revolusi Proses Komunikasi. Jurnal Komunikator.

Sailan, Muhammad Adib. “Persepsi Mahasiswa IMARAH Terhadap Dakwah Ustadz Idrus di Media Youtube”. Palembang: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Negeri Raden Fatah Palembang. Diakses pada tanggal 26 Juni 2021.

Sarwono, Sarlito W. 2014. Psikologi Lintas Budaya, Jakarta: Rajawali Pers.

Setiadi. 2013. Perilaku Konsumen, Jakarta: Prenda Media.

Sobur, Alex. 2013.Psikologi Umum dalam Lintasan Sejarah.Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualtitatif, Kombinasi dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syukur, Asmuni. 1983. Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam. Surabaya: AlIkhlas.

Wahyono, Edi. “Dakwah Digital Sang Habib Muda” 1 Juni 2019, diakses 24 Juni 2022. https://news.detik.com/x/detail/intermeso/20190601/Dakwah-Digital-Sang-Habib-Muda/.

Published

2023-12-31

How to Cite

Persepsi Mahasiswa Terhadap Dakwah Habib Jafar Di Channel Youtube Pemuda Tersesat: (Studi Pada Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam Angkatan 2017 Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang). (2023). Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 10(2), 145-164. https://doi.org/10.54621/jn.v10i2.623

Issue

Section

Artikel