Komunikasi Keluarga Dalam Film Keluarga Cemara 2

(Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce)

DOI:

https://doi.org/10.54621/jn.v10i2.624

Keywords:

Komunikasi Keluarga, Film, Keluarga, Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce

Abstract

Komunikasi dalam sebuah keluarga sangat berperan banyak untuk menciptakan sebuah gambaran diri sejak dini. Bentuk komunikasi dalam keluarga adalah komunikasi antar pribadi. Film merupakan salah satu media massa, dengan film mendapatkan informasi yang dapat digunakan dengan lebih seksama karena film adalah media audio visual. Film Keluarga Cemara 2 merupakan drama keluarga yang bercerita tentang kerukunan antara seorang ayah, ibu dan anak-anaknya. Namun, dalam cerita ini juga terdapat konflik-konflik dalam keluarga yang terjadi karena kurangnya perhatian dari orang tua terhadap anak. Itulah pentingnya komunikasi dalam keluarga untuk meminimalisir konflik dan masalah yang terjadi. Keluarga merupakan unit terkecil dalam kehidupan manusia, yang bersama-sama untuk membangun, membina, mempertahankan hidup serta membentuk pola perilaku hingga akhirnya dapat beradaptasi dengan lingkungan masyarakat yang lebih luas. Semiotika merupakan kajian mengenai tanda (signs) dan simbol yang menjadi tradisi penting dalam pemikiran tradisi komunikasi. Teori yang digunakan adalah teori Charles Sanders Pierce yaitu dengan melihat tanda representamen (ikon, indeks, simbol), object, dan interpretant. Ikon, indeks, dan simbol adalah trilogi tanda dalam teori ini. Dan tanda-tanda tersebut bekerja untuk menghasilkan makna. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif. Data yang didapatkan dalam penelitian ini bersumber dari menonton film Keluarga Cemara 2 yang terdapat diaplikasi Netflix, YouTube dan Telegram. Ikon dalam film ini adalah visualisasi yang ada pada setiap scenenya. Indeksnya adalah dialog-dialog atau percakapan yang ada pada film Keluarga Cemara 2. Setiap scene percakapan dan diskusi keluarga menimbulkan simbolisasi tersendiri.

References

Agadilopa, Mirandika Maya. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Perawatan Diri Pada Anak Usia Sekolah (7-12 TAHUN) di SDN 03 Baosan Lor Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Skripsi (S1), Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2019.

Alfathoni, Muhammad Ali Mursid & Dani Manesah. Pengantar Teori Film. Deepublish: Yogyakarta, 2020.

AS, Endang dan Dulwahab. Komunikasi Keluarga Perspektif Islam. Simbiosa Rekatama Media: Bandung, tt.

Darma, Surya dkk., Pengantar Teori Semiotika, Media Sains Indonesia: Bandung, 2022.

Kriyantono, Rachmat. Teknik Praktis Riset Komunikasi, (Jakarta: KENCANA, 2006.

Milyane, Tita Melia dkk. Pengantar Ilmu Komunikasi, Widina Bhakti Persada: Bandung, 2022.

Moleong, Laxy J., Metode Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya: Bandung. 2012.

Ruslan, Rosady. Metode Penelitian: Public Relations dan Komunikasi, PT Raja Grafindo Persada: Jakarta, 2017.

Sobur, Alex. Semiotika Komunikasi, Remaja Rosdakarya: Bandung, 2013.

Suherman, Ansar. Buku Ajar Teori-Teori Komunikasi, Deepublish: Yogyakarta, 2020.

Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar, Metodologi Penelitian Sosial, PT Bumi Aksara: Jakarta, 2014.

Yusuf, Muri, Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, & Penelitian Gabungan, Prenamedia Grup: Jakarta, 2016.

Published

2023-12-29

How to Cite

Komunikasi Keluarga Dalam Film Keluarga Cemara 2: (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce). (2023). Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 10(2), 120-131. https://doi.org/10.54621/jn.v10i2.624

Issue

Section

Artikel