Strategi Komunikasi Pemasaran Objek Wisata Museum Batubara Bukit Asam Tanjung Enim Di Media Sosial Instagram

DOI:

https://doi.org/10.54621/jn.v10i2.625

Keywords:

Strategi Komunikasi, Komunikasi Pemasaran, Wisata Museum, Instagram

Abstract

Salah satu langkah Tanjung Enim sebagai kota wisata adalah pembangunan Museum Batubara Bukit Asam. Museum ini adalah salah satu dana yang dipergunakan untuk penyimpanan, koleksi, pelestarian, penelitian, pendidikan, serta hiburan. Peresmian ini artinya PT Bukit Asam (PTBA) menunjukkan keseriusan terhadap visi keberlanjutan, khususnya pengelolaan rakyat serta lingkungan yang berkelanjutan. Kami berharap menggunakan pengelolaan yang baik dan keterlibatan sebagian masyarakat akan membawa manfaat yang besar pada masa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial (online), yaitu Instagram yang dilakukan oleh Museum Batubara Bukit Asam Tanjung Enim. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan terdiri dari Manager dan Marketing Museum Batubara Bukit Asam Tanjung Enim, para wisatawan lokasi penelitian, dan laman instagram Museum Batubara Bukit Asam Tanjung Enim. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah kombinasi dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam memenuhi keabsahan data penelitian ini digunakan triangulasi dengan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Museum Batubara Bukit Asam Tanjung Enim melalui akun Instagramnya @museumbatubara telah melakukan strategi komunikasi pemasaran yang dirancang oleh internal Museum Batubara Bukit Asam Tanjung Enim. Dalam pemasaran objek wisata Museum Batubara Bukit Asam Tanjung Enim dilakukan komunikasi pemasaran dengan menggunakan teori Circular Model Of SOME melalui share, optimize, manage, dan engage. Terbukti pihak Museum Batubara Bukit Asam Tanjung Enim membagikan unggahan foto maupun video di akun Instagramnya. Mengoptimalkan fungsi serta keunggulan yang dimiliki instagram itu sendiri seperti fitur. Pengelolaan akun instagram secara komprehensif. Dan tetap menjaga hubungan publik melalui media sosial.

References

Aditya Arie Hanggono, dkk. 2015. TAM (Technology Acceptance Model) Dalam Mendukung Bisnis Online dengan Memanfaatkan Jejaring Sosial Instagram. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 26.

Ahmad, Rijali, 2019. Analisis Data Kualitatif. Banjarmasin: Jurnal Alhadharah UIN Antasari Banjarmasin.

Durrotunnasikhah, Uli. 2020. Strategi Komunikasi Pemasaran Obyek Wisata Madiun Umbul Square Dalam Meningkatkan Pengunjung Pada Tahun 2019. Skripsi Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah IAIN Ponorogo.

Fahlepi Roma Doni, 2017. Perilaku Penggunaan Media Sosial Pada Kalangan Remaja. IJSE-Indonesian Journal on Software Enginering Vol. 3, No 2.

Imam Baihaki “54% Brand Ternama Dunia kini Gunakan Instagram sebagai Sarana Marketing” https://www.beritateknologi.com/54-persen-brand-ternama-dunia-kini-gunakan instagram-sebagai-sarana-marketing/

Luttrell, Regina. 2015. Sosial Media: How to engage, share and connect. London: Rowman & Littlefield.

McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa. Salemba Humanika, Jakarta.

Michael R, Salomon. 2011. Consumer Behavior and Marketing Strategy. New York: Pearson Prentice Hall.

Misdrinaya, Muthia. 2017. Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Makassar Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Mancanegara Di Kota Makassar. Skripsi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar.

Nur, Azakiyah Andi. 2013. Strategi Promosi Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Pantai Tanjung Bira Kecamatan Bontohari Kabupaten Bulukumba. Skripsi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Makassar, Makassar.

Sarastuti, Dian. 2017. Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Busana Muslim Queenova. Jakarta: Jurnal Visi Komunikasi/Volume 16, No.01.

Published

2023-12-31

How to Cite

Strategi Komunikasi Pemasaran Objek Wisata Museum Batubara Bukit Asam Tanjung Enim Di Media Sosial Instagram. (2023). Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 10(2), 165-182. https://doi.org/10.54621/jn.v10i2.625

Issue

Section

Artikel