Peran Tengku Dayah dalam pengembangan masyarakat Islam di Aceh

Authors

  • Muhibuddin Muhibuddin Universitas Islam Al-Aziziyah Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54621/jn.v11i1.835

Keywords:

Peran, Teungku Dayah, Masyarakat

Abstract

Artikel ini mengkaji peran penting Teungku Dayah dalam pengembangan masyarakat Islam di Aceh. Teungku Dayah bukan hanya sebagai guru agama, tetapi juga berfungsi sebagai pemimpin masyarakat, agen pembangunan, dan penjaga tradisi. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan dan menganalisis berbagai peran yang dimainkan oleh Teungku Dayah dalam pengembangan masyarakat Islam di Aceh. Kajian ini merupakan kajian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan. Hasil kajian ditemukan bahwa Teungku Dayah memberikan kontribusi besar dalam pengembangan masyarakat melalui beberapa cara. Pertama, mereka berperan sebagai pendidik yang membimbing peserta didiknya dalam memahami dan mengamalkan ajaran Islam. Kedua, mereka berfungsi sebagai agen pembangunan yang berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia. Ketiga, mereka melestarikan pendidikan tradisional yang masih menganut sistem pengajaran klasik, sekaligus menanamkan nilai-nilai yang sesuai dengan syariat Islam. Terakhir, mereka membantu dalam pengembangan kepribadian masyarakat Aceh, membentuk masyarakat yang bermartabat dan berperadaban.

References

Almuhajir, A. (2020). Manajemen Teungku Dayah: Pemberdayaan Personalia Lembaga Pendidikan Islam Di Aceh. Journal Analytica Islamica, 7(2), 117-130.

Almuhajir, A. (2020). Manajemen Teungku Dayah: Pemberdayaan Personalia Lembaga Pendidikan Islam Di Aceh. Journal Analytica Islamica, 7(2), 117-130.

Amiruddin, Istiqamah Seumubeuet Teungku Dayah Dan Implikasinya Terhadap Peningkatan Kompetensi Lulusan Dayah Salafiyah Aceh, Disertasi, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 2023.

Bambang Sunggono, Metodelogi Penelitian Hukum, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003.

M. Hasbi Amiruddin, The Response of The Ulama Dayah to The Modernization of Islamic Law in Aceh Malaysia: UKM, 2005.

Mannan Nur, Studi Tentang Dayah di Samalanga, Banda Aceh: Pusat Latihan Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1975.

Nirzalin Armia, “Teungku Dayah dan Kekuasaan Panoptik,” Jurnal Substantia, Volume 16, Nomor 1, April 2014, h. 18-19.

Nur Aedi,Pengawasan Pendidikan: Tinjauan Teori dan Praktik (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2014), h. 345

Sulaiman, Model Kepemimpinan Teungku Dalam Pembinaan Akhlak di Dayah Salafiyah MUDI Mesra dan Babussalam Kabupaten Bireuen, Disertasi Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 2020.

Sunarto, Metode Penelitian Deskriptif, Usaha Nasional, Surabaya, 1990.

Published

2024-06-11

How to Cite

Muhibuddin, M. (2024). Peran Tengku Dayah dalam pengembangan masyarakat Islam di Aceh. Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 11(1), 1-8. https://doi.org/10.54621/jn.v11i1.835

Issue

Section

Artikel