Peran Dakwah Digital dalam Menyebarkan Pesan Islam di Era Modern
DOI:
https://doi.org/10.54621/jn.v11i1.842Keywords:
Peran Dakwah Digital, Menyebarkan Pesan Islam, Era ModernAbstract
Dakwah dalam Islam merupakan kegiatan penyampaian pesan-pesan keagamaan kepada individu atau kelompok untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran Islam. Dakwah melibatkan proses komunikasi yang efektif, di mana pesan disampaikan dengan cara yang dapat dipahami dan diterima oleh audiens. Untuk penelitian mengenai peran dakwah digital dalam menyebarkan pesan Islam di era modern, Menggunakan metode Studi Literatur, Menganalisis literatur mengenai dakwah digital, media sosial, dan komunikasi Islam. Meninjau penelitian sebelumnya tentang teknologi dalam dakwah. Penelitian ini Kualitatif, Wawancara Mendalam, Wawancara dengan tokoh agama, influencer Muslim di media sosial, dan pengelola platform dakwah digital. Diskusi Kelompok Terfokus (FGD) Diskusi dengan ulama. Analisis Data Sekunder, Menggunakan data statistik yang ada tentang penggunaan internet dan media sosial. Analisis Konten, Adapun kesimpulan Dakwah digital telah membuka banyak peluang baru untuk menyebarkan pesan Islam secara efektif di era modern. Dengan memanfaatkan teknologi dan platform media sosial, para tokoh Ulama dan influencer Muslim dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan memberikan bimbingan serta pengetahuan yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, dakwah konvensional tetap memiliki nilai penting, terutama dalam membangun ikatan emosional dan spiritual yang kuat melalui interaksi langsung. Oleh karena itu, kombinasi dakwah digital dan konvensional dapat menciptakan pendekatan yang lebih holistik dan komprehensif dalam menyebarkan pesan Islam.
References
Abdussyukur, A., Mursyidi, M., Nicolas, D. G., Syarfuni, S., & Muflihah, S. (2023). Learning Process for Islamic Religious Education Based on Minimum Service Standards for Education. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 4(3), 458-472.
Ali, A. A. Digital Da'wah: The Role of Social Media in Spreading Islamic Messages. Journal of Islamic Studies, (2019).
Anderson, K. E. Getting Acquainted with Social Networks and Apps: The Current State of Digital Media. Journal of Communication and Media Research, 2017).
Anderson, K. E. Getting Acquainted with Social Networks and Apps: The Current State of Digital Media. Journal of Communication and Media Research, 2017).
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Laporan Survei Internet APJII 2020-2021. Retrieved from APJII website. 2021.
Blumler, J. G., & Katz, E. The Uses of Mass Communications: Current Perspectives on Gratifications Research. Beverly Hills 1974.:) Sage.
Cayari, C. The YouTube Effect: How YouTube Has Provided New Ways to Consume, Create, and Share Music. International Journal of Education & the Arts, 2011).
Cayari, C. The YouTube Effect: How YouTube Has Provided New Ways to Consume, Create, and Share Music. International Journal of Education & the Arts, 2011).
Effendy, O. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: 2003). Citra Aditya Bakti.
Fandy, T. Dakwah dan Perubahan Sosial: Studi Dakwah Digital di Indonesia. Jakarta: 2014). Gema Insani Press.
Fandy, T. Dakwah dan Perubahan Sosial: Studi Dakwah Digital di Indonesia. Jakarta: 2014). Gema Insani Press.
Nasrullah, R. Komunikasi Antarbudaya di Era Digital. (Bandung: Simbiosa Rekatama Media. 2017).
Walidin, B. (2017). Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren di Dayah Mudi Mesjid Raya Samalanga. ITTIHAD, 1(01).