Penyuluh Agama Islam Sebagai Penggerak Pendidikan Keagamaan Dan Penguatan Karakter Untuk Meningkatkan Kesadaran Spiritual Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.54621/jn.v11i2.948Keywords:
Penyuluh Agama Islam, Pendidikan Keagamaan, Penguatan Karakter, Kesadaran SpiritualAbstract
Penyuluh agama Islam memiliki peran strategis dalam pengembangan pendidikan keagamaan dan penguatan karakter masyarakat. Keberadaannya tidak hanya sebatas mengajarkan ajaran agama, tetapi juga sebagai agen perubahan sosial yang dapat meningkatkan kesadaran spiritual masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran penyuluh agama Islam dalam meningkatkan kesadaran spiritual melalui pendidikan keagamaan dan penguatan karakter masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka (library research) yang mengumpulkan data dan informasi dari berbagai literatur relevan mengenai peran penyuluh agama dan dampaknya terhadap masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyuluh agama Islam berperan penting dalam membentuk karakter masyarakat melalui pendekatan berbasis agama yang interaktif dan partisipatif. Pendidikan karakter yang dilakukan oleh penyuluh agama efektif dalam memperkuat nilai-nilai moral dan spiritual masyarakat. Penelitian ini berkontribusi dalam memperjelas peran strategis penyuluh agama sebagai penggerak perubahan sosial dan spiritual masyarakat.
References
Anwar, K., & Choeroni, C. (2019). Model Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Penguatan Budaya Sekolah Religius Di Sma Islam Sultan Agung 3 Semarang. Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.30659/jspi.v2i2.5155
Bonin, Y. S., & Prasad, R. (2012). Spirituality: A key Factor to Achieve Sustainability Through the Empowerment of Compassionate/Altruistic Managers. PURUSHARTHA - A Journal of Management, Ethics and Spirituality, 5(1), Article 1.
Furqon, A., & Hanif, M. (2022). Strengthening Character Education Through Islamic Religious Education: A Case in Indonesian Context. Tadibia Islamika, 2(2). https://doi.org/10.28918/tadibia.v2i2.6261
Hasanah, U., Habibah, S., & Herlinda, F. (2022). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Pembinaan Perilaku Siswa Dikehidupan Sehari-Hari. International Virtual Conference on Islamic Guidance and Counseling, 2(1), 30–43. https://doi.org/10.18326/iciegc.v2i1.401
Mardinal Tarigan, Zinni Zelda Muniroh, Putri Nadila Lasei, & Safirah Irda Zatayumni. (2024). Pendidikan islam di Era globalisasi. Jurnal Dirosah Islamiyah, 6(3). https://doi.org/10.47467/jdi.v6i3.2367
Muliyanty, I., Hamdanah, H., & Fahmi, N. (2024). Dasar Al-Qur’an Dan Hadits Tentang Kepemimpinan. Journal on Education, 6(4), 20928–20935. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6226
Pebriana Sirait, Benedikta Tamba, & Istoto Raharjo. (2024). Membangun Karakter Murid Melalui Pendidikan Agama. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Agama, 5(2), 2873–2881. https://doi.org/10.55606/semnaspa.v5i2.2279
Saputri, S. W., Bafadal, I., & Mareta, M. (2023). Development Of Rational Emotive Behavior Therapy Based On Religious Values In Improving Student Discipline. Al-Tazkiah Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.20414/altazkiah.v12i1.7567
Siswantara, Y., & Supriyadi, T. (2024). Religious Character Education: Students’ Perspectives on Religion in Diversity. International Journal of Religion, 5(11), Article 11. https://doi.org/10.61707/vtmkt536
Sopiyan, W., Nurjanah, I., Mislawati, S. E., & Syamsul, E. M. (2024). Strategi Dakwah Penyuluh Agama Islam Dalam Peningkatan Pemahaman Praktik Ibadah Kemasyarakatan. Jurnal Khabar: Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 6(1), 17–26. https://doi.org/10.37092/khabar.v6i1.745
Susanti, S. (2016). Membangun Peradaban Bangsa Dengan Pendidikan Karakter. Istawa : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.24269/ijpi.v1i2.173