Optimalisasi Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Melalui Kegiatan Organisasi A+ (Harakatu Al-Lughah Al-‘Arabiyyah) Pada Siswa Kelas XII Agama 1 di MAN 1 Polewali Mandar
DOI:
https://doi.org/10.54621/jkdm.v3i2.1024Keywords:
Kemampuan Berbicara, Bahasa Arab, Organisasi A , MAN 1 PolmanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran dan sumbangsih terkait kegiatan organisasi A+ (Harakatu Al-Lughah Al-‘Arabiyyah) terhadap kemampuan berbicara bahasa Arab siswa kelas XII Agama 1 di MAN 1 Polewali Mandar. Penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Hasil menunjukkan bahwa kegiatan organisasi A+ memberikan dampak positif yang signifikan, termasuk peningkatan keterampilan berbicara, kepercayaan diri, rasa semangat dan kuatnya interaksi bahasa Arab di luar jam pelajaran formal. Keterlibatan aktif siswa dalam berbagai aktivitas seperti diskusi, presentasi, outing class dan perlombaan berkontribusi dalam penguasaan bahasa Arab secara lebih baik dan kredibel. Penelitian ini merekomendasikan dukungan lebih lanjut dari sekolah untuk meningkatkan kualitas kegiatan organisasi dalam rangka memaksimalkan pengajaran bahasa Arab, khususnya keterampilan berbicara.
References
Ekaningtyas, D. P. (2018). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri Kramat 4 Magelang) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).
Fatoni, Ahmad Sirfi., & Khafifah. (2023). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Mufrodat Siswa Kelas 4 MI Darul Ma’arif 1 Serut, Sendangsari, Pajangan, Bantul. Jurnal Mathluba: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 1(2), 151-172.
Hasria, H., Mujahid, M., & Rahmat, R. (2021). Efekivitas Penerapan Metode Hiwar Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII MTs Hikmat Tuttula Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar. Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 57-72.
Hermawati, N., & Sayroji, A. (2023). Konsep-konsep kepemimpinan dalam organisasi. Jurnal Syntax Admiration, 4(1), 109-116.
Manan, A., & Nasri, U. (2024). Tantangan dan Peluang Pendidikan Bahasa Arab: Perspektif Global. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 256-265.
Muniroh, S. Z., Avelina, G., Ahmala, M., & Syarifah, A. (2022). Peningkatan Skill Berbahasa Arab Melalui Organisasi Kebahasaan Attanwir Languange Center [ALC] Bojonegoro. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab dan Pembelajarannya di Era Milenial, 1(1), 147-164.
Ndruru, D. M. (2023). ANALISIS PRINSIP KESANTUNAN BERBAHASA SISWA PADA RAPAT ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAHDI SMA NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1), 158-169.
Ritonga, S. (2023). Strategi Dalam Mengatasi Tantangan Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Guru Di Era Teknologi Modern. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 378-395.
Rusli, T. S., & Boari, Yoseb; Amelia, D. A. (2024). Pengantar Metodologi Pengabdian Masyarakat. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.