Pelaksanaan Pelatihan Baca Al-Quran Dengan Metode Tahsin di Dayah Darutthalibin Al-Aziziyah Gampong Mesjid Baro Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen

Authors

  • Mursyidi Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh https://orcid.org/0000-0002-6360-2207
  • Syahrul Awali Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Firman Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Ibnu Kasir Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Annisa Umar Student Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

DOI:

https://doi.org/10.54621/jkdm.v1i1.415

Keywords:

Belajar Al-quran, Motivasi, Metode Tahsin

Abstract

Kegiatan belajar mengajar tentang memahami pada peserta didik tingkat Ibtidaiyah (SD/MI) dan Tsanawiyah (SMP/MTs) di Dayah Darutthalibin Al-Aziziyah Gampong Mesjid Baro Samalanga. Pada tingkat ini motivasi belajar Al-Quran pada anak sangat minim karena kurangnya kemampuan membaca Al-Quran. Tujuan dari kegiatan belajar mengajar ini ialah untuk meningkatkan motivasi belajar anak agar fasih membaca Al-Quran. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah model deskriptif dengan pendekatan ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta simulasi. Adapun hasil hasil dari kegiatan belajar mengajar antara lain: Pertama, peserta didik lebih memahami teori ilmu tajwid. Kedua, mereka termotivasi belajar Al-Quran lebih baik lagi. Ketiga, dengan metode tahsin peserta didik dapat dengan mudah memperbaiki atau memperbagus bacaan. Keempat, terdapat perubahan yang signifikan setelah menggunakan metode tahsin. Keempat mendapatkan respon yang antusias dari Guru dan  santri dan juga telah terlaksana dengan baik.

References

Abdul Aziz Abdur Rauf, Pedoman Dauroh Al-Qur’an, :Jakarta: Markaz Al-Qur’an, 2015.

Abdul Hamid, et.al, Pembelajaran Bahasa Arab, 2017.

Albadi, dkk. Implementasi Seni Baca Irama Al Qur’an (Nagham) Dalam Metode Pembelajaran Tahsin Al-Qur’an. Jurnal Ilmu Islam Rayah Al-Islam. 2021.

Al-Jamzury, S. Syarah Tuhfatul athfal (panduan mudah mempelajari ilmu tajwid dasar). Al-Jazary Foundation: 2018.

https://islamdownload.net/125617-tahsin-quran-ilmu-untuk-menyempurnakan-belajar-al-quran.html, di akses pada September 2021.

https://smkalmuin.sch.id/read/29/5-alasan-kenapa-kamu-harus-belajar-tahsin-tilawah-al-quran, Akses September 2021.

Murdani, & Amiruddin. (2020). Strategi Dayah Darutthalibin Al-Aziziyah Dalam Penerapan Metode Iqra’ Terhadap Kemampuan Belajar Alqur’an. Jurnal At-Tarbiyah, 6(2), 60-70.

RI, Departemen Agama, Alquran Terjemahan :Bandung: CV Darus Sunnah, 2015.

Tim Data Dayah Darutthalibin Al-Aziziyah :Samalanga: Yayasan Pendidikan Islam Darutthalibin Al-Aziziyah, 2021.

Published

2022-06-30

How to Cite

Mursyidi, Syahrul Awali, Firman, Kasir, I., & Annisa Umar. (2022). Pelaksanaan Pelatihan Baca Al-Quran Dengan Metode Tahsin di Dayah Darutthalibin Al-Aziziyah Gampong Mesjid Baro Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36-45. https://doi.org/10.54621/jkdm.v1i1.415