Memanfaatkan Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa di SMP Jami’ah Al-Aziziyah Samalanga Bireuen

Authors

  • Sara Yulis Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Muntasir Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Khaidir Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Nurliana Student Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

DOI:

https://doi.org/10.54621/jkdm.v1i1.416

Keywords:

Gerakan, Literasi, Pojok Baca

Abstract

Program Gerakan Literasi Sekolah Kemendikbud mengartikan Kemampuan berliterasi sebagai kemampuan mengakses,memahami,dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai kegiatan,antaralain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan atau berbicara. Salah satu akses literasi ini adalah pojok bacakelas sebagai perpustakaan mini yang dihadirkan dalam kelas sehingga lebih mendekatkan dan mengakrabkanlagi siswa dengan bahan bacaannya. Penelitian ini dilakukan di 3 kecamatan kota Bireuen,Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi,wawancara danangket. Hasil penelitianmenunjukkanbahwa gerakanliterasi pojok baca kelas belum terlaksana secara menyeluruh karena hanya ada 3 sekolah yang memiliki pojokbaca kelas masing-masing1 sampai 2 kelas saja pojok bacanya. Padahal seruan ini sudah dicanangkan olehpemerintah sejak tahun 2016 untuk mengembalikan budaya baca anak, alasan yang mendasar oleh sekolah adalah keterbatasan dana dan minimnya pengalaman dalam mendesain pojok baca kelas.Dilihatdarieksistensi daya baca anak memberikan gambaran bahwa siswa sangat menyambut baik kehadiran pojok bacadi kelasnya ditandai dengan aktivitas dan antusias siswa dalam membaca buku bacaan sebelum pelajaran dimulai dan pada saat jam istrahat.

References

Asih Ade & Dewantara Mas.2017.Keefektifan budaya literasi di SDN 3 Banjar Jawa untuk Meningkatkan Minat Baca. Journal of Education Researchan dEvaluation.Vol.1(4).

Dokumentasi SMP Swasta Dayah Jamiah Al-Aziziyah Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireun 2021.

Dr. Tgk. Muntasir A. Kadir, MA, Pimpinana Dayah Hasil Wawacara 2021

Kalida dan Mursyid.2015.Gerakan Literasi Mencerdaskan Negeri. Yogyakarta : AswajaPresindo.

Prasetyono, D. S. 2008. Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini.Jogjakarta:Think

Published

2022-06-30

How to Cite

Yulis, S., Muntasir, Khaidir, & Nurliana. (2022). Memanfaatkan Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa di SMP Jami’ah Al-Aziziyah Samalanga Bireuen. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 24-35. https://doi.org/10.54621/jkdm.v1i1.416