Pelatihan Pendidikan Karakter Melaui Gotong Royong di Dayah MUDI Mesra Samalanga
DOI:
https://doi.org/10.54621/jkdm.v1i1.419Keywords:
Karakter, Gotong-royong, MUDIAbstract
Pendidikan karakter adalah pendidikan untuk membentuk kepribadian seseorang melalui pendidikan budi pekerti, yang hasilnya terlihat dalam tindakan nyata seseorang, yaitu tingkah laku yang baik dan jujur, bertanggung jawab, menghormati hak orang lain, kerja keras, dan sebagainya. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat adalah mengetahui bagaimana cara mengiplementasikan pendidikan karakter melalui gotong royong Pengabdian ini menggunakan metode pendampingan Participatory Action Research (PAR). Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai pelatihan pendidikan karakter melalui gotong royong di Dayah MUDI MESRA Samalanga telah terlaksana dengan baik. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai pelatihan pendidikan karakter melalui gotong royong di Dayah MUDI MESRA Samalanga mendapatkan respon yang antusias dari para Santri Dayah MUDI MESRA Samalanga.Terdapat 3 pertanyaan dari peserta pelatihan (Santri) terkait materi pendidikan karakter melalui gotong royong.
References
Fahmi, Z., & Amiruddin. (2022). Konsep dan Proses Pengembangan Kurikulum Ma’had Aly Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga Bireuen Aceh. Jurnal At-Tarbiyah, 8(1), 11-22. Retrieved from https://ejournal.iaialaziziyah.ac.id/index.php/jiat/article/view/131
Hilda Ainissyifa, “Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam,”,Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 2014.
Nur Ainiyah dkk, “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam” Jurnal Al-Ulum, 2013.
Profil dayah MUDI Mesra Samalanga.
Sofyan Mustoip, Dkk, Implementasi pendidikan karakter, Surabaya: CV. Jakad Plubishing, ,2018.
Yuver Kusnoto, Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Satuan PendidikanJurnal Pendidikan Sosial, No 2, 2017.
Zubaedi, Desain Pendidikan Karakterkonsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan, cet 3, Jakarta : Kencana, 2013.
Zubaedi, Desain Pendidikan Karakterkonsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan, cet 3, Jakarta : Kencana, 2013.