Pelatihan Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Pemahaman Santri Terhadap Hukum Islam Melalui Kitab Kuning
DOI:
https://doi.org/10.54621/jkdm.v1i1.472Keywords:
Pelatihan, Santri, Kitab KuningAbstract
Kegiatan pelatihan pembelajaran bahasa Arab dalam meningkatkan pemahaman santri terhadap hukum Islam melalui kitab kuning yang diadakan di Pondok Pesantren Dayah Jami’ah Al-Aziziyah Desa Batee Iliek Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen telah terlaksana dengan baik. Kegiatan pelatihan pembelajaran bahasa Arab dalam meningkatkan pemahaman santri terhadap hukum Islam melalui kitab kuning yang diadakan di Pondok Pesantren Dayah Jami’ah Al-Aziziyah Desa Batee Iliek Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen mendapatkan respon yang antusias dari para santri Pondok Pesantren Dayah Jami’ah Al-Aziziyah Desa Batee Iliek Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen, khususnya yang tergabung dalam mabna lughah bahasa Arab yang merupakan salah satu program unggulan pondok pesantren tersebut. Para santri yang menjadi peserta dalam kegiatan tersebut mengharapkan kegiatan tersebut dilaksanakan secara kontinu, agar mereka benar-benar menguasai metode dalam memahami hukum Islam melalui kitab kuning dengan pembelajaran bahasa Arab.
References
Helmi Abubakar. (2016). Manajemen Pendidikan Dayah Jamiah Al- Aziziyah Bate Iliek Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal At-Tarbiyah, 2(2), 160-187.
Mursyidi, & Muntasir A. Kadir. (2022). Penerapan Program Kedisiplinan Dalam Membentuk Karakter Siswa SMK di Lingkungan Sekolah: Studi Kasus di SMK Swasta Jamiah Al-Aziziyah Samalanga. Jurnal At-Tarbiyah, 7(2), 226-236.
Abu Bakar, M., & Abdullah, A. (2022). Kepemimpinan Ayah Muntasir dalam Keberhasilan Pendidikan Pondok Pesantren Dayah Jamiah Al-Aziziyah. Jurnal Seumubeuet, 1(2), 155-166.
Lailatussaadah, Upaya Peningkatan Kinerja Guru, Ntelektualita - Volume 3, Nomor 1, Januari-Juni 2015, h. 16.
Abdullah, A. (2016). Sistem Pembelajaran dan Proses Evaluasi Ujian di LPI Dayah Mudi Mesjid Raya Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal Al-Fikrah, 5(2), 166-191.
Published
Versions
- 2022-06-30 (2)
- 2022-06-30 (1)