Pengenalan Keunikan Kasab Sulaman Benang Emas Khas Aceh di Dayah Putri Muslimat Samalanga

Authors

  • Nurfitri sa Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Evasolina Evasolina Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Amiruddin Abdullah Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Rahmatillah Rahmatillah Mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

Keywords:

Pengenalan Kasab, Keunikan, Putri Muslimat

Abstract

Kegiatan pembuatan atau pengenalan keunikan kasab ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa khususnya dibidang kerajinan tangan. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pelatihan kepada mahasiswa mengenai beberapa jenis bahan kasab yang memiliki nilai jual , sehingga nantinya memberikan pendapatan kepada mereka. Pengabdian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) Metode PAR memiliki tiga kata yang saling berhubungan satu sama lain, yaitu partisipasi, riset dan aksi. Semua riset harus di implimentasikan dalam aksi. Pada proses pengorganisasian, peneliti bersama tim dan pengurus Dayah Putri Muslimat membentuk rencana aksi untuk melakukan perubahan social pada generasi muda. PAR merupakan kolaboratif antara peneliti dan komunitas untuk melakukan research bersama, merumuskan masalah, merencanakan tindakan, melakukan aksi secara berkesinambungan dan berkelanjutan. PAR dirancang memang untuk mengkonsep suatu perubahan dan melakukan perubahan terhadapnya. Peneliti bersama tim ingin mengembangkan ilmu pengetahuan peserta didik khususnya dibidang kerajinan tangan lewat pembuatan atau Pengenalan Keunikan Kasab Sulaman Benang Emas Khas Aceh secara continue. Temuan hasil kegiatan ini yaitu mahasiswa berhasil menyelesaikan pembuatan kasab sulaman benang emas berupa payung khas Aceh yang dilakukan secara berkelompok .

References

Dokumentasi Dayah Putri Muslimat pada tanggal 5 Desember 2021.

Khairun Asyura. (2021). Pesan Dakwah Qaulan Maysura pada Seksi Jamaah ( Studi Analisis di Dayah Putri Muslimat). Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 8(1), 31-53.

Leigh, Barbara. Tangan-tangan Terampil, Jakarta: Djambatan.1989.

Nazilla, Strategi Dayah Putri Muslimat Samalanga Dalam Menciptakan Kader Da’iyah Untuk Pengembangan Dakwah Di Aceh (Banda Aceh. UIN. 2021).

Observasi Penulis di Dayah Putri Muslimat, Dilakukan pada Tanggal 5 Desember 2021.

Ruslan Razali. (2020). Manajemen Literasi Terhadap Pembudayaan Membaca di Dayah Putri Muslimat Samalanga. Jurnal Al-Fikrah, 9(1), 96-106.

Saidaturrahmah. (2022). Peran Bimbingan Dakwah Dalam Pembinaan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Muslimat Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal Al-Fikrah, 11(1), 1-13.

Sustarina, Catatan Pengrajin Kasab, (Banda Aceh: Kota Naga. 2015).

Published

2022-06-30

How to Cite

sa, N., Evasolina, E., Abdullah, A., & Rahmatillah, R. (2022). Pengenalan Keunikan Kasab Sulaman Benang Emas Khas Aceh di Dayah Putri Muslimat Samalanga. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 91-102. Retrieved from https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jkdm/article/view/473