Pembinaan Santri Dayah Mudi Mesjid Raya Samalanga Untuk Memahami Konsep Ekonomi Syariah Dalam Sistem Perbankan Syariah

Authors

  • Nainunis M. Nur Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Muhammad Aminullah Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Abdullah M. Nur Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Marzuki Ali Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Muhammad Khadafi Student Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

Keywords:

Pembinaan Santri, Perbankan, Ekonomi Syariah

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melakukan Pembinaan Santri Dayah Mudi Mesjid Raya Samalanga Dalam Memahami Konsep  Ekonomi Syariah dan Sistem Perbankan Syariah. Pengabdian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) Metode PAR memiliki tiga kata yang saling berhubungan satu sama lain, yaitu partisipasi, riset dan aksi. Semua riset harus di implimentasikan dalam aksi. Pada proses pengorganisasian, peneliti bersama tim dan pengurus Dayah Mudi Mesjid Raya Samalanga membentuk rencana aksi untuk melakukan perubahan social pada generasi muda. PAR merupakan kolaboratif antara peneliti dan komunitas untuk melakukan research bersama, merumuskan masalah, merencanakan tindakan, melakukan aksi secara berkesinambungan dan berkelanjutan. PAR dirancang memang untuk mengkonsep suatu perubahan dan melakukan perubahan terhadapnya. Hasil kegiatan ditemukan bahwa Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai Konsep Ekonomi Syariah Dalam Sistem Perbankan Syariah di Dayah MUDI Mesjid Raya Mideun Jok Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen telah terlaksana dengan baik. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai Konsep Ekonomi Syariah Dalam Sistem Perbankan Syariah yang baik di Dayah MUDI Mesjid Raya Mideun Jok Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen mendapatkan respon yang antusias dari para Santri  Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga. Didapatkan 3 pertanyaan dari peserta penyuluhan (Santri) terkait materi penyuluhan dan Santri  di sekolah tersebut mengharapkan ada kegiatan pelatihan kembali Pembinaan Santri Dayah Mudi Mesjid Raya Samalanga Dalam Memahami Konsep  Ekonomi Syariah Dalam Sistem Perbankan Syariah.

References

Abdullah, A. (2016). Sistem Pembelajaran dan Proses Evaluasi Ujian di LPI Dayah Mudi Mesjid Raya Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal Al-Fikrah, 5(2).

Amiruddin. (2016). Sistem Pembelajaran dan Proses Evaluasi Ujian di LPI Dayah Mudi Mesjid Raya Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal Al-Fikrah, 5(2).

Fahmi, Z., & Amiruddin. (2022). Konsep dan Proses Pengembangan Kurikulum Ma’had Aly Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga Bireuen Aceh. Jurnal At-Tarbiyah, 8(1), 11-22. Retrieved from https://ejournal.iaialaziziyah.ac.id/index.php/jiat/article/view/131

Halimatussakdiah, H., Abda, Y., & Iqlima, I. (2022). Pelatihan Tata Boga Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Santri/ Mahasiswi Melalui Pengolahan Bahan Masakan, Minuman dan Hidangan Penutup di Dayah Mudi Putri Mesjid Raya Samalanga. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Ishak, Musbani, & Muhammad Iqbal. (2022). Pembinaan Santri Dayah Mudi Mesjid Raya Samalanga Dalam Menerapkan Manajemen Kedisiplinan Dalam Belajar. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Khairun Asyura. (2021). Pesan Dakwah Qaulan Maysura pada Seksi Jamaah ( Studi Analisis di Dayah Putri Muslimat). Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 8(1).

Marzuki Ali, & Amiruddin. (2020). Ma’had Aly Sebagai Solusi Dalam Mempertahankan Kualitas Pendidikan Dayah Di Era 4.0. Jurnal Al-Fikrah, 9(2).

Ruslan Razali. (2020). Manajemen Literasi Terhadap Pembudayaan Membaca di Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga . Jurnal Al-Fikrah, 9(1).

Saifannur, S. (2022). Implementasi Kurikulum Ma’had Aly Berstandar Nasional di Ma’had Aly Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 8(1), 39-55.

Published

2022-06-30

How to Cite

M. Nur, N., Aminullah, M., M. Nur, A., Ali, M., & Khadafi, M. . (2022). Pembinaan Santri Dayah Mudi Mesjid Raya Samalanga Untuk Memahami Konsep Ekonomi Syariah Dalam Sistem Perbankan Syariah. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 103-114. Retrieved from https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jkdm/article/view/474