Kegiatan Beut Seumeubeut Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Pendidikan Dayah Al Misbahul Aziziyah Samalanga

Authors

  • Saipul Bahri Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Amiruddin Abdullah Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Ibnu Mukti Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Mahdir Muhammad Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Fahmi Karimuddin Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Nuril Khaira Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

DOI:

https://doi.org/10.54621/jkdm.v1i2.477

Keywords:

Beut, Seumubeuet, Kedisiplinan

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melakukan Pembinaan Santri Dayah Al Misbahul Aziziyah dalam meningkatkan kedisiplinan pendidikan. Pengabdian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) Metode PAR memiliki tiga kata yang saling berhubungan satu sama lain, yaitu partisipasi, riset dan aksi. Semua riset harus di implimentasikan dalam aksi. Pada proses pengorganisasian, peneliti bersama tim dan pengurus Dayah Al Misbahul Aziziyah membentuk rencana aksi untuk melakukan perubahan sosial pada generasi muda. PAR merupakan kolaboratif antara peneliti dan komunitas untuk melakukan research bersama, merumuskan masalah, merencanakan tindakan, melakukan aksi secara berkesinambungan dan berkelanjutan. PAR dirancang memang untuk mengkonsep suatu perubahan dan melakukan perubahan terhadapnya. Hasil kegiatan ditemukan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai kegiatan Beut Seumeubeut dalam meningkatkan kedisiplinan pendidikan Dayah Al-Misbahul Aziziyah Desa Gampong Baro Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen telah terlaksana semestinya. Kabupaten Bireuen mendapatkan respon yang antusias dari para santri. Pendidikan beut seumeubeut yang telah terlaksana di Dayah Al-Misbahul Aziziyah berjalan dengan semestinya, dan diharapkan ada kegiatan penyuluhan kembali terkait kegiatan beut seumeubeut.

References

Abdul Haris Hasmar, & Amiruddin. (2021). Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Memanfaatkan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Al-Fikrah, 10(2), 209-224.

Abdullah, A. (2016). Sistem Pembelajaran dan Proses Evaluasi Ujian di LPI Dayah Mudi Mesjid Raya Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal Al-Fikrah, 5(2).

Alauddin, Muhibuddin, Amiruddin, & T. M. Halim Marsal. (2022). Pelatihan Pendidikan Karakter Melaui Gotong Royong di Dayah MUDI Mesra Samalanga. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 46-57.

Hanif Maulana, Zulfikar Ali Buto, & Al-Husaini M. Daud. (2021). Peran Pendidikan Dayah Babussalam Al-Aziziyah Jeunieb Kabupaten Bireuen Dalam Menanggapi Problematika Keagamaan Masyarakat. Jurnal Al-Fikrah, 10(1), 16-25.

Hasil wawancara dengan Ummah Rohani selaku pimpinan dayah Al-Misbahul Aziziyah dan hasil observasi di dayah Al-Misbahul Aziziyah Samalanga.

Khairun Asyura. (2021). Pesan Dakwah Qaulan Maysura pada Seksi Jamaah (Studi Analisis di Dayah Putri Muslimat). Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 8(1).

Rosmayanti. (2020). Manajemen Literasi Terhadap Pembudayaan Membaca Di Dayah Putri Muslimat Samalanga. Skripsi IAI Al-Aziziyah Samalanga.

sa, N., Evasolina, E., Abdullah, A., & Rahmatillah, R. (2022). Pengenalan Keunikan Kasab Sulaman Benang Emas Khas Aceh di Dayah Putri Muslimat Samalanga. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 91-102.

Muktar. (2017). Problematika Aktivitas Dakwah Teungku Seumeubeut Dalam Mewujudkan Generasi Qur`Ani. Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 4(2), 92-123.

Published

2022-11-25

How to Cite

Bahri, S., Abdullah, A., Mukti, I., Muhammad, M., Karimuddin, F., & Khaira, N. . (2022). Kegiatan Beut Seumeubeut Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Pendidikan Dayah Al Misbahul Aziziyah Samalanga. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 303-312. https://doi.org/10.54621/jkdm.v1i2.477