Pengembangan Bakat dan Minat Serta Membentuk Karakter Islami Anak-Anak Gampong Layung Kec. Bubon Kab. Aceh Barat

Authors

  • Sumardi Efendi STAIN Teungku Dirudeng Meulaboh
  • Dar Kasih STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.54621/jkdm.v1i2.485

Keywords:

Bakat, Minat, Karakter Islami, Anak

Abstract

Anak sebagai  generasi penurus sudah tentu wajib kita persiapkan agar mereka mampu tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan nilai-nilai agama sesuai tuntunan ajaran agama Islam itu sendiri. Oleh karenanya dengan kegiatan pengabdian dosen dan mahasiswa harus mampu memberikan solusi terhadap upaya pengembangan bakat dan minat serta membentuk karakter islami anak-anak. Kegiatan ini dilakukan di Gampong Layung Kec. Bubon Kab. Aceh Barat. Pengabdian  ini  menggunakan  metode  pendampingan Participatory Action Research (PAR). Metode PAR memiliki tiga kata yang saling berhubungan satu sama lain, yaitu partisipasi, riset dan aksi. Semua riset harus diimplementasikan dalam aksi. Dari hasil dapat di simpulkan bahwa kita semua wajib mengarahkan menumbuh kembangan setiap bakat dan minat yang dimiliki oleh setiap anak yang tentunya terus di tuntun dengan ajaran agama Islam agar menumbuhkan generasi Islami khsusnya di Gampong Layung Kec. Bubon Kab. Aceh Barat.

References

Abu Huraerah, Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat: Model dan Strategi Pembangunan Berbasis Kerakyatan, (Bandung: Humaniora, 2011).

BPS Aceh Barat, Kabupaten Aceh Barat Dalam Angka 2022, (Aceh Barat: BPS Aceh Barat, 2022).

Efendi, S., & Taran, J. P. (2022). Pemberdayaan Potensi Warga Gampong Ujong Drien–Aceh Barat Melalui Optimalisasi Penggunaan Sistem Informasi Gampong (SIGAP). Meuseuraya-Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1-7.

Eko Sudarmanto, dkk, Konsep Dasar Pengabdian Kepada Masyarakat: Pembangunan dan Pemberdayaan, (Yayasan Kita Menulis, 2022).

Kusnaka Adimihardja, Participatory Research Apprasial Dalam Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat, (Bandung: Humaniora, 2003).

M. Arif Idris, dkk, Buku Pedoman Akademik, (Aceh Barat: STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, 2019).

Marsal, T. H. (2022). Pelatihan Pendidikan Karakter Melaui Gotong Royong di Dayah MUDI Mesra Samalanga. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 46-57.

Putra, R. A., & Surya, D. (2021). Revitalisasi Nilai-Nilai Islam pada Anak-Anak Jama’ah Mushala di Gampong Jawa, Kota Langsa, Aceh Melalui Kegiatan Pesantren Kilat. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 160-169.

Sri Widayati, Gotong Royong, (Surabaya: Alprin, 2020).

Tyas, A. A. W. P., & Ikhsani, K. T. W. (2015). Sumber Daya Alam & Sumber Daya Manusia untuk Pembangunan Ekonomi Indonesia. In Forum Ilmiah (Vol. 12, No. 1, pp. 1-15).

Published

2022-12-28

How to Cite

Efendi, S., & Kasih, D. . (2022). Pengembangan Bakat dan Minat Serta Membentuk Karakter Islami Anak-Anak Gampong Layung Kec. Bubon Kab. Aceh Barat. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 361-372. https://doi.org/10.54621/jkdm.v1i2.485