Bimbingan Tajwid dan Mufradat Santri Dayah Baitul Ihsan Al-Hanafiah GP. Putoh Samalanga Kabupaten Bireuen

Authors

  • Fakrurradhi Marzuki Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Murtaza Marzuki Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Murdani Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Musrizal Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Rukma Hidana Mahasiswi Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

DOI:

https://doi.org/10.54621/jkdm.v1i1.500

Keywords:

Bimbingan Tajwid, Mufradat,, Santri Dayah, Baitul Ihsan al-Hanafiah

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melakukan Bimbingan Ilmu tajwid dan mufradat santri dayah Baitul Ihsan Al-hanafiah Gp. Putoh Samalanga Kabupaten Bireuen. Pengabdian ini menggunakan metode metode Participatory Rural Appraisal (PRA). Hasil kegiatan ditemukan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai kegiatan mengajarkan ilmu tajwid dan kosa kata (nufradat) bagi santri dayah Baitul Ihsan Al-hanafiah Gp. Putoh Samalanga Kabupaten Bireuen telah terlaksana semestinya dan mendapatkan respon yang antusias dari para santri. Bimbingan baca al quran yang melandaskan ilmu tajwid yang telah terlaksana di Dayah Baitul Ihsan Al Hanafiah berjalan dengan semestinya, dan diharapkan ada kegiatan penyuluhan dan bimbingan kembali terkait kegiatan tata baca al quran dengan baik dan benar bagi santri di  dayah tersebut.

References

Abdullah, A. (2016). Sistem Pembelajaran dan Proses Evaluasi Ujian di LPI Dayah Mudi Mesjid Raya Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal Al-Fikrah, 5(2), 166-191.

Ari Prayoga, Irawan dan Ahmad Rusdiana, (2020) Karakteristik Program Kurikulum Pondok Pesantren, Jurnal Al Hikmah Vol 2 No 1, 80

Hanif Maulana, Zulfikar Ali Buto, & Al-Husaini M. Daud. (2021). Peran Pendidikan Dayah Babussalam Al-Aziziyah Jeunieb Kabupaten Bireuen Dalam Menanggapi Problematika Keagamaan Masyarakat. Jurnal Al-Fikrah, 10(1), 16-25.

Khairun Asyura. (2021). Pesan Dakwah Qaulan Maysura pada Seksi Jamaah ( Studi Analisis di Dayah Putri Muslimat). Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 8(1), 31-53.

Profil Dayah Baitul Ihsan Al Hanafiah

Ruslan Razali. (2020). Manajemen Literasi Terhadap Pembudayaan Membaca di Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga . Jurnal Al-Fikrah, 9(1), 96-106.

Published

2022-12-30

How to Cite

Marzuki, F., Marzuki, M., Murdani, Musrizal, & Hidana, R. (2022). Bimbingan Tajwid dan Mufradat Santri Dayah Baitul Ihsan Al-Hanafiah GP. Putoh Samalanga Kabupaten Bireuen. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 245-255. https://doi.org/10.54621/jkdm.v1i1.500