Pelaksanaan Kewajiban Privat Untuk Meningkatkan Mutu Santri Dalam Memahami Ilmu Munakahat

(Pengabdian di Dayah Putri Muslimat Samalanga Bireuen)

Authors

  • Ibnu Mukti Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Karimuddin Abdullah Lawang Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Muhammad Kharazi Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Teungku Amiruddin Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Multazimatul Ula Mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

DOI:

https://doi.org/10.54621/jkdm.v1i1.508

Keywords:

Privat, Munakahat, Mutu

Abstract

Kegiatan ini dilakukan untuk Meningkatkan Mutu Santri Dalam Memahami Ilmu Munakahat. Pengabdian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) Metode PAR merupakan kolaboratif antara peneliti dan komunitas untuk melakukan research bersama, merumuskan masalah, merencanakan tindakan, melakukan aksi secara berkesinambungan dan berkelanjutan. PAR dirancang memang untuk mengkonsep suatu perubahan dan melakukan perubahan terhadapnya.  Kegiatan KPM Institut Agama Islam Al-Aziziyah berlangsung dengan baik. Program-program yang direncanakan dapat terealisasi dengan optimal walaupun mendapatkan sedikit kendala. Bekal yang kami berikan kepada santri pada dasarnya, kami memberikan dukungan dan pengetahuan untuk dapat meningkatkan kesejahteraannya, serta adanya dampak positif atas kehadiran kita baik dampak secara langsung maupun tidak langsung. Maka kita sebagai mahasiswa harus menjadi motivator dan panutan yang baik bagi santri di Pondok Pesantren Dayah Putri Muslimat. KPM yang kami lakukan di Pondok Pesantren Dayah Putri Muslimat ini dengan tujuan membawa kenangan-kenangan positif dari kegiatan-kegiatan yang positif pula yang kami lakukan selama dua bulan kami mengabdi kepada santri di Pondok Pesantren Dayah Putri Muslimat.

References

Dokumentasi Dayah Putri Muslimat pada tanggal 5 Desember 2021.

Khairun Asyura. (2021). Pesan Dakwah Qaulan Maysura pada Seksi Jamaah ( Studi Analisis di Dayah Putri Muslimat). Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 8(1), 31-53.

Leigh, Barbara. Tangan-tangan Terampil, Jakarta: Djambatan.1989.

Nazilla, Strategi Dayah Putri Muslimat Samalanga Dalam Menciptakan Kader Da’iyah Untuk Pengembangan Dakwah Di Aceh (Banda Aceh. UIN. 2021).

Observasi Penulis di Dayah Putri Muslimat, Dilakukan pada Tanggal 5 Desember 2021.

Razali, S. (2022). Peran Bimbingan Dakwah Dalam Pembinaan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Muslimat Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal Al-Fikrah, 11(1), 1-13.

Ruslan Razali. (2020). Manajemen Literasi Terhadap Pembudayaan Membaca di Dayah Putri Muslimat Samalanga. Jurnal Al-Fikrah, 9(1), 96-106.

Saidaturrahmah. (2022). Peran Bimbingan Dakwah Dalam Pembinaan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Muslimat Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal Al-Fikrah, 11(1), 1-13.

Published

2022-06-30

How to Cite

Mukti, I., Abdullah Lawang, K. ., Kharazi, M. ., Amiruddin, T., & Ula, M. . (2022). Pelaksanaan Kewajiban Privat Untuk Meningkatkan Mutu Santri Dalam Memahami Ilmu Munakahat: (Pengabdian di Dayah Putri Muslimat Samalanga Bireuen). Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 141-157. https://doi.org/10.54621/jkdm.v1i1.508