Pelatihan Kegiatan Muhadatsah Bahasa Arab Di Asrama Mabna Lughah Dayah Putri Muslimat Samalanga Kabupaten Bireuen

Authors

  • Teungku Mujiburrahman Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Safrizal Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Zulfahmi Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Murdani Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Nurbaiti Mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

DOI:

https://doi.org/10.54621/jkdm.v1i1.509

Keywords:

Pelatihan, Muhadatsah, Mabna Lughah

Abstract

Kegiatan pembuatan atau pengenalan keunikan kasab ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa khususnya dibidang mufradat. Pengabdian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) Metode PAR memiliki tiga kata yang saling berhubungan satu sama lain, yaitu partisipasi, riset dan aksi. Semua riset harus di implimentasikan dalam aksi. Pada proses pengorganisasian, peneliti bersama tim dan pengurus Dayah Putri Muslimat membentuk rencana aksi untuk melakukan perubahan social pada santriwati. PAR merupakan kolaboratif antara peneliti dan komunitas untuk melakukan research bersama, merumuskan masalah, merencanakan tindakan, melakukan aksi secara berkesinambungan dan berkelanjutan. PAR dirancang memang untuk mengkonsep suatu perubahan dan melakukan perubahan terhadapnya. Pertama, Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai pendidikan muhadatsah bahasa arab di asrama mabna lughah Dayah Putri Muslimat Samalanga Kabupaten Bireuen telah terlaksana dengan baik. Kedua, Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai pendidikan muhadasah bahasa arab di asrama mabna lughah Dayah Putri Muslimat Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen mendapatkan respon yang antusias dari para santri mabna lughah Dayah Putri Muslimat Kecamatan Samalanga. Ketiga, Didapatkan beberapa pertanyaan dari peserta (santriwati) terkait materi kegiatan dan santriwati di mabna lughah tersebut mengharapkan ada kegiatan muhadasah kembali terkait pembelajaran bahasa arab.

References

Ahmad Abdullah Basyir, Mudzakarotu Ta’lim al-Kalam (al-Muhadatsah), Saudi Arabiyah: Li-Daurat at-Tadribiyat al-Maksyafah, 1971.

Ahmad Warson Munawwir, Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap, Yogyakarta: Pustaka Progressif , 1997.

Dokumentasi di mabna lughah Dayah Putri Muslimat Samalanga

Effendi Kholid, Problematika Pengajaran Muhadatsah dan Solusinya Bagi Siswa Kelas III Jurusan Bahasa di MAN Tambak Beras Jombang, Skripsi tidak diterbitkan; UIN Sunan Kalijaga, 2006.

Leigh, Barbara. 1989. Tangan-tangan Terampil. Jakarta: Djambatan.

Melvin L. Silberman, Active Learning, 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Nusamedia, 2010.

Muljanto Sumardi, Pengajaran Bahasa Asing Sebuah Tinjauan dari Segi Metodologi, Jakarta: Bulan Bintang, 1974.

sa, N., Evasolina, E., Abdullah, A., & Rahmatillah, R. (2022). Pengenalan Keunikan Kasab Sulaman Benang Emas Khas Aceh di Dayah Putri Muslimat Samalanga. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Saidaturrahmah. (2022). Peran Bimbingan Dakwah Dalam Pembinaan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Muslimat Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal Al-Fikrah, 11(1).

W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Jakarta: Balai Pustaka, 1976.

Published

2022-06-30

How to Cite

Mujiburrahman, T. ., Safrizal, Zulfahmi, Murdani, & Nurbaiti. (2022). Pelatihan Kegiatan Muhadatsah Bahasa Arab Di Asrama Mabna Lughah Dayah Putri Muslimat Samalanga Kabupaten Bireuen. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 158-176. https://doi.org/10.54621/jkdm.v1i1.509