Problematika Manajemen Perencanaan Pendidikan Kitab Kuning di Dayah Baitul Ihsan Al-Hanafiah Gampong Putoh Kecamatan Samalanga
DOI:
https://doi.org/10.54621/jkdm.v2i1.545Keywords:
Problematika, Manajemen Perencanaan, Kitab KuningAbstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan Problematika Manajemen Perencanaan Pendidikan Kitab Kuning di Dayah Baitul Ihsan Al-Hanafiah Gampong Putoh Kecamatan Samalanga pendidikan. Pengabdian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) Metode PAR memiliki tiga kata yang saling berhubungan satu sama lain, yaitu partisipasi, riset dan aksi. Semua riset harus di implimentasikan dalam aksi. Pada proses pengorganisasian, peneliti bersama tim dan pengurus Dayah Baitul Ihsan Al-Hanafiah membentuk rencana aksi untuk melakukan perubahan sosial pada generasi muda. PAR merupakan kolaboratif antara peneliti dan komunitas untuk melakukan research bersama, merumuskan masalah, merencanakan tindakan, melakukan aksi secara berkesinambungan dan berkelanjutan. PAR dirancang memang untuk mengkonsep suatu perubahan dan melakukan perubahan terhadapnya. Hasil kegiatan ditemukan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam meningkatkan Problematika Manajemen Perencanaan Pendidikan Kitab Kuning di Dayah Baitul Ihsan Al-Hanafiah Gampong Putoh Kecamatan Samalanga dalam metode manajemen perencanaan pendidikan kitab kuning di Dayah Baitul Ihsan Al-Hanafiah oleh pimpinan dayah bermusyawarah terlebih dahulu dengan dewan guru berkaitan dengan kelangsungan metode dan manajemen pendidikan kitab kuning termasuk aturan lain yang akan dijalan dayah. Kendala yang dihadapi dalam pendidikan kitab kuning berkisar seputar kurang disiplin santri sehingga waktu istihat kurang diperhatikan dan menyebabkan mengantuk saat belajar. Kurangnya guru privat atau guree peulang juga kendala di samping keilmuan manajemen sangat rendahnya hanya berbekal keahlian alami. Minat belajar yang kurang juga menjadi kendala. Sangat berharap adanya perubahan kearah yang lebih baik demi kemajuan pendidikan Dayah Baitul Ihsan Gampong Putoh Samalanga tersebut.
References
A. Musthofa, “Menggagas Metodologi Pembelajaran Tafsir Al-Qur‟an di Pondok Pesantren”, Tesis Magister, Yogyakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Islam Indonesia, 2005,
Abdurrahman Wahid, Pesantren Masa Sepan, (Bandung: Pustaka Hidayat, 1999)
Abdurrahman Wahid. Menggerakan Tradisi: Esai-esai Pesantren, (Yogyakarta: LkiS, 2001
Abdul Haris Hasmar, & Amiruddin. (2021). Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Memanfaatkan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Al-Fikrah, 10(2), 209-224.
Abdullah, A. (2016). Sistem Pembelajaran dan Proses Evaluasi Ujian di LPI Dayah Mudi Mesjid Raya Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal Al-Fikrah, 5(2).
Alauddin, Muhibuddin, Amiruddin, & T. M. Halim Marsal. (2022). Pelatihan Pendidikan Karakter Melaui Gotong Royong di Dayah MUDI Mesra Samalanga. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 46-57.
Bahaking Rama. Jejak Pembaharuan Pendidikan Pesantren (Jakarta: Paradatama Wiragemilang, 200
George R. Terry, Guide to Management, Alih Bahalasa J. Smithal. D.F.M. (Jakarta: Bumi Aksara,2009.
Haidar Putra Daulay, Dinamika Pendidikan Islam, (Bandung: Citapustaka Media, 2004
Haidar Putra Daulay, Historisitas dan Eksistensi: Pesantren dan Madrasah (Yogjakarta: Tiara Wacana, 2001
Hasbi Amiruddin, Ulama Dayah, Pengawal Agama Masyarakat Aceh, (Lhokseumawe: Nadiya Foundation, 2003
Hanif Maulana, Zulfikar Ali Buto, & Al-Husaini M. Daud. (2021). Peran Pendidikan Dayah Babussalam Al-Aziziyah Jeunieb Kabupaten Bireuen Dalam Menanggapi Problematika Keagamaan Masyarakat. Jurnal Al-Fikrah, 10(1), 16-25.
Hasil wawancara dengan Tgk. Tgk. Muhammad Nur Ihsan, selaku pimpinan Dayah Baitul Ihsan Al-Hanafiah dan hasil observasi di Dayah Baitul Ihsan Al-Hanafiah Samalanga.
Iskandar, “Pengelolaan Pembelajaran Pesantren Taman Pendidikan Al-Qur‟an (PTPQ) Al Mujahidina di Perumnas II Manisrejo Kota Madiun”, Tesis Magister, Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Islam Malang, 2002,.
Jalaluddin Rahmad, Metode Penelitian Komunikasi, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004
Lexy J. Moleong, Metodelogi Penelitian Kuwalitatif, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005
Muntasir, Dayah dan Ulama Dalam Masyarakat Aceh, dalam Jurnal Sarwah, vol.2,
Muntasir, Dayah Dan Ulama Dalam Masyarakat Aceh, dalam Jurnal Sarwah, vol. 2,
Nur H dan Mohammad Jauhar, “Pengantar Manajemen Pendidikan di Sekolal”, (Jakarta: Prestasi Pustakakarya, 2015),
Sudjoko Prasodjo. Sejarah Pertumbuhan dan Perkembagan Lembaga-lembaga Pendidikan Islam di Indonesia, (Jakarta: Grasindo, 2001),
Syafaruddin, “Manajemen Organisasi Pendidikan.. h. 34. Safaruddin, Manajemen Organisasi Pendidikan”, (Medan: Perdana Publishaling, 2015)
Syafaruddin, “Manajemen Organisasi Pendidikan”(Medan: Perdana Publishaling, 2015
Syaiful Sagala, “Administrasi Pendidikan Kontemporer”, (Bandung: AlfaBeta, 2003