Problematika Manajemen Perencanaan Pendidikan Kitab Kuning di Dayah Baitul Ihsan Al-Hanafiah Gampong Putoh Kecamatan Samalanga

Authors

  • Helmi El-Langkawi Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

DOI:

https://doi.org/10.54621/jkdm.v2i1.545

Keywords:

Problematika, Manajemen Perencanaan, Kitab Kuning

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan Problematika Manajemen Perencanaan Pendidikan  Kitab Kuning di Dayah Baitul Ihsan Al-Hanafiah Gampong Putoh Kecamatan Samalanga  pendidikan. Pengabdian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) Metode PAR memiliki tiga kata yang saling berhubungan satu sama lain, yaitu partisipasi, riset dan aksi. Semua riset harus di implimentasikan dalam aksi. Pada proses pengorganisasian, peneliti bersama tim dan pengurus Dayah Baitul Ihsan Al-Hanafiah membentuk rencana aksi untuk melakukan perubahan sosial pada generasi muda. PAR merupakan kolaboratif antara peneliti dan komunitas untuk melakukan research bersama, merumuskan masalah, merencanakan tindakan, melakukan aksi secara berkesinambungan dan berkelanjutan. PAR dirancang memang untuk mengkonsep suatu perubahan dan melakukan perubahan terhadapnya. Hasil kegiatan ditemukan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam meningkatkan Problematika Manajemen Perencanaan Pendidikan  Kitab Kuning di Dayah Baitul Ihsan Al-Hanafiah Gampong Putoh Kecamatan Samalanga  dalam metode manajemen perencanaan pendidikan kitab kuning di Dayah Baitul Ihsan Al-Hanafiah  oleh pimpinan dayah bermusyawarah terlebih dahulu dengan dewan guru berkaitan dengan kelangsungan metode  dan manajemen pendidikan kitab kuning termasuk aturan lain yang akan dijalan dayah. Kendala yang dihadapi dalam pendidikan kitab kuning berkisar seputar kurang disiplin santri sehingga waktu istihat kurang diperhatikan dan menyebabkan mengantuk saat belajar. Kurangnya guru privat atau guree peulang juga kendala di samping keilmuan manajemen sangat rendahnya hanya berbekal keahlian alami. Minat belajar yang kurang juga menjadi kendala. Sangat berharap adanya perubahan kearah yang lebih baik demi kemajuan pendidikan Dayah Baitul Ihsan Gampong Putoh Samalanga tersebut.

References

A. Musthofa, “Menggagas Metodologi Pembelajaran Tafsir Al-Qur‟an di Pondok Pesantren”, Tesis Magister, Yogyakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Islam Indonesia, 2005,

Abdurrahman Wahid, Pesantren Masa Sepan, (Bandung: Pustaka Hidayat, 1999)

Abdurrahman Wahid. Menggerakan Tradisi: Esai-esai Pesantren, (Yogyakarta: LkiS, 2001

Abdul Haris Hasmar, & Amiruddin. (2021). Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Memanfaatkan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Al-Fikrah, 10(2), 209-224.

Abdullah, A. (2016). Sistem Pembelajaran dan Proses Evaluasi Ujian di LPI Dayah Mudi Mesjid Raya Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal Al-Fikrah, 5(2).

Alauddin, Muhibuddin, Amiruddin, & T. M. Halim Marsal. (2022). Pelatihan Pendidikan Karakter Melaui Gotong Royong di Dayah MUDI Mesra Samalanga. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 46-57.

Bahaking Rama. Jejak Pembaharuan Pendidikan Pesantren (Jakarta: Paradatama Wiragemilang, 200

George R. Terry, Guide to Management, Alih Bahalasa J. Smithal. D.F.M. (Jakarta: Bumi Aksara,2009.

Haidar Putra Daulay, Dinamika Pendidikan Islam, (Bandung: Citapustaka Media, 2004

Haidar Putra Daulay, Historisitas dan Eksistensi: Pesantren dan Madrasah (Yogjakarta: Tiara Wacana, 2001

Hasbi Amiruddin, Ulama Dayah, Pengawal Agama Masyarakat Aceh, (Lhokseumawe: Nadiya Foundation, 2003

Hanif Maulana, Zulfikar Ali Buto, & Al-Husaini M. Daud. (2021). Peran Pendidikan Dayah Babussalam Al-Aziziyah Jeunieb Kabupaten Bireuen Dalam Menanggapi Problematika Keagamaan Masyarakat. Jurnal Al-Fikrah, 10(1), 16-25.

Hasil wawancara dengan Tgk. Tgk. Muhammad Nur Ihsan, selaku pimpinan Dayah Baitul Ihsan Al-Hanafiah dan hasil observasi di Dayah Baitul Ihsan Al-Hanafiah Samalanga.

Iskandar, “Pengelolaan Pembelajaran Pesantren Taman Pendidikan Al-Qur‟an (PTPQ) Al Mujahidina di Perumnas II Manisrejo Kota Madiun”, Tesis Magister, Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Islam Malang, 2002,.

Jalaluddin Rahmad, Metode Penelitian Komunikasi, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004

Lexy J. Moleong, Metodelogi Penelitian Kuwalitatif, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005

Muntasir, Dayah dan Ulama Dalam Masyarakat Aceh, dalam Jurnal Sarwah, vol.2,

Muntasir, Dayah Dan Ulama Dalam Masyarakat Aceh, dalam Jurnal Sarwah, vol. 2,

Nur H dan Mohammad Jauhar, “Pengantar Manajemen Pendidikan di Sekolal”, (Jakarta: Prestasi Pustakakarya, 2015),

Sudjoko Prasodjo. Sejarah Pertumbuhan dan Perkembagan Lembaga-lembaga Pendidikan Islam di Indonesia, (Jakarta: Grasindo, 2001),

Syafaruddin, “Manajemen Organisasi Pendidikan.. h. 34. Safaruddin, Manajemen Organisasi Pendidikan”, (Medan: Perdana Publishaling, 2015)

Syafaruddin, “Manajemen Organisasi Pendidikan”(Medan: Perdana Publishaling, 2015

Syaiful Sagala, “Administrasi Pendidikan Kontemporer”, (Bandung: AlfaBeta, 2003

Published

2023-04-15

How to Cite

El-Langkawi, H. (2023). Problematika Manajemen Perencanaan Pendidikan Kitab Kuning di Dayah Baitul Ihsan Al-Hanafiah Gampong Putoh Kecamatan Samalanga. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 14-26. https://doi.org/10.54621/jkdm.v2i1.545