Pelatihan Akhlakul Karimah Melalui Metode Pembiasaan Terhadap Santri Mudi Kelas 2 E

Authors

  • Muhibuddin Usman Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Muhibban Student Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • T. Muammar Student Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

Keywords:

Pelatihan, Akhlakul Karimah, Metode Pembiasaan

Abstract

Pelatihan Akhlakul Karimah merupakan sebuah kegiatan pengabdian yang bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan akhlak mulia pada santri mudi kelas 2 E. Dalam usia yang masih tergolong remaja, fase ini merupakan masa yang penting dalam pembentukan karakter dan nilai-nilai moral bagi para santri. Akhlakul Karimah, atau akhlak yang mulia, adalah aspek penting dalam kehidupan seorang muslim yang mencakup sikap-sikap baik, perilaku etis, dan tindakan terpuji. Metode kegiatan yang digunakan adalah metode Participatory, Action Research (PAR). Hasil kegiatan ini ditemukan Dari pelaksanaan kegiatan Pelatihan Akhlakul Karimah melalui Metode Pembiasaan Terhadap Santri Mudi Kelas 2 E, dapat disimpulkan bahwa pendekatan ini efektif dalam membentuk dan mengembangkan akhlak mulia pada para santri. Melalui kebiasaan yang baik dan terus-menerus, para santri mampu memperkuat dan menginternalisasi nilai-nilai akhlakul karimah ke dalam kehidupan sehari-hari mereka. Selama pelatihan, para santri terlibat dalam berbagai aktivitas yang bertujuan untuk membentuk kebiasaan positif, seperti berinteraksi dengan sopan, berbagi, menghormati orang lain, berempati, dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Dengan adanya pelatihan ini, para santri mampu memahami dan menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari mereka.

References

-, A., Muhibuddin, Amiruddin, & T. M. Halim Marsal. (2022). Pelatihan Pendidikan Karakter Melaui Gotong Royong di Dayah MUDI Mesra Samalanga. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 46-57.

Alauddin, Mulyadi, Amiruddin, & T. M. Halim Marsal. (2022). Pelatihan Pendidikan Karakter Melaui Gotong Royong di Dayah MUDI Mesra Samalanga. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 46-57.

Ali Abdul Halim Mahmud, Akhlak Mulia, Jakarta: Gema Insani, 2004.

Aminuddin dkk, Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi Umum, Bogor: Ghalia Indonesia, 2005.

Amiruddin, Konsep pendidikan akhlak menurut Mahmud Yunus, Lhokseumawe: Yayasan Madinah Al-Aziziyah, 2018.

Binti Maunah, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Yogyakarta: Teras, 2009.

https://dayamaya.id/mengenal-participatory-action-research/, Diakses Tgl 21 Agustus 2020.

M Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004.

Muhammad Abdurrahman, Akhlak Menjadi Seorang Muslim Berakhlak Mulia, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2016.

Muhammad Nurdin, & Amiruddin. (2019). Praktek Konselor dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Islami di MAS Kuta Makmur Aceh Utara. Jurnal Al-Fikrah, 8(1), 52-81.

Muhammad Rabbi Muhammad Jauhari, Keistimewaan Akhlak Islami, Bandung: CV Pustaka Setia, 2006.

Muhammad Sayyid Muhammad Az-Za‟balawi, Pendidikan Remaja antara Islam dan Ilmu Jiwa, Jakarta: Gema Insani Press, 2007.

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan, Bandung: Ramaja Rosdakarya, 2000.

Rahmat Ikbal, & Amiruddin. (2015). Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Penbentukan Akhlak Peserta Didik di SMA Negeri 1 Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal Al-Fikrah, 4(2), 127-139

Yunahar Ilyas, Kuliah Akhlaq, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2007.

Zahrudin AR dan Hasanudin Sinaga, Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004.

Published

2022-06-30

How to Cite

Usman, M., Muhibban, & Muammar, T. . (2022). Pelatihan Akhlakul Karimah Melalui Metode Pembiasaan Terhadap Santri Mudi Kelas 2 E. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 38-54. Retrieved from https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jkdm/article/view/640