Membudidayakan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan di TK Al-Aziziyah Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen

Authors

  • Musrizal Abdullah Universitas Islam Al-Aziziyah Indonesia
  • Musafirul Hadi Universitas Islam Al-Aziziyah Indonesia
  • Fikri Rijal Universitas Islam Al-Aziziyah Indonesia
  • Ahmad Nidal Universitas Islam Al-Aziziyah Indonesia
  • Rahmah Selfia Mahasiswa Universitas Islam Al-Aziziyah Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54621/jkdm.v3i2.643

Keywords:

Beut, Seumebeut, Kedisiplinan

Abstract

Aktivitas manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungan karena manusia merupakan salah satu komponen yang menempati ruang dalam lingkungan tersebut. Untuk menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan dalam diri mahasiswa, salah satu upaya yang dilakukan adalah penghijauan di sekitar lingkungan TK Al-Aziziyah serta menjaga kebersihan. Penghijauan secara umum berarti usaha memulihkan, memelihara, dan meningkatkan kondisi lahan agar dapat berfungsi secara optimal, baik sebagai pengatur tata air maupun pelindung lingkungan. Mewujudkan lingkungan TK Al-Aziziyah yang bersih dan sehat membutuhkan partisipasi aktif mahasiswa serta dukungan dari pihak internal sekolah. Pengabdian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR), yang mencakup tiga unsur utama: partisipasi, riset, dan aksi. Semua kegiatan riset dalam metode ini harus diimplementasikan dalam bentuk tindakan nyata. Dalam prosesnya, peneliti bersama tim dan pengurus TK Al-Aziziyah merancang aksi perubahan sosial yang menyasar generasi muda. PAR merupakan pendekatan kolaboratif antara peneliti dan komunitas untuk bersama-sama mengidentifikasi masalah, merumuskan solusi, serta merencanakan dan menjalankan aksi secara berkelanjutan. Melalui metode ini, mahasiswa tidak hanya belajar tentang pentingnya menjaga lingkungan, tetapi juga turut berkontribusi langsung dalam menciptakan perubahan positif di masyarakat.

References

Abdul Haris Hasmar, & Amiruddin. (2021). Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Memanfaatkan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Al-Fikrah, 10(2), 209-224.

Abdullah, A. (2016). Sistem Pembelajaran dan Proses Evaluasi Ujian di LPI Dayah Mudi Mesjid Raya Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal Al-Fikrah, 5(2).

Alauddin, Muhibuddin, Amiruddin, & T. M. Halim Marsal. (2022). Pelatihan Pendidikan Karakter Melaui Gotong Royong di Dayah MUDI Mesra Samalanga. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 46-57.

Hanif Maulana, Zulfikar Ali Buto, & Al-Husaini M. Daud. (2021). Peran Pendidikan Dayah Babussalam Al-Aziziyah Jeunieb Kabupaten Bireuen Dalam Menanggapi Problematika Keagamaan Masyarakat. Jurnal Al-Fikrah, 10(1), 16-25.

Hasil wawancara dengan Ummah Rohani selaku pimpinan dayah Al-Misbahul Aziziyah dan hasil observasi di dayah Al-Misbahul Aziziyah Samalanga.

Khairun Asyura. (2021). Pesan Dakwah Qaulan Maysura pada Seksi Jamaah (Studi Analisis di Dayah Putri Muslimat). Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 8(1).

Rosmayanti. (2020). Manajemen Literasi Terhadap Pembudayaan Membaca Di Dayah Putri Muslimat Samalanga. Skripsi IAI Al-Aziziyah Samalanga.

sa, N., Evasolina, E., Abdullah, A., & Rahmatillah, R. (2022). Pengenalan Keunikan Kasab Sulaman Benang Emas Khas Aceh di Dayah Putri Muslimat Samalanga. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 91-102.

Muktar. (2017). Problematika Aktivitas Dakwah Teungku Seumeubeut Dalam Mewujudkan Generasi Qur`Ani. Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 4(2), 92-123.

Published

2024-12-31

How to Cite

Abdullah, M., Hadi, M. ., Rijal, F., Nidal, A., & Selfia, R. . (2024). Membudidayakan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan di TK Al-Aziziyah Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 208-218. https://doi.org/10.54621/jkdm.v3i2.643