Pelestarian dan Pemetaan Taman Bermain Anak dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di TK Al-Aziziyah Samalanga
DOI:
https://doi.org/10.54621/jkdm.v2i2.713Keywords:
Lingkungan, Motivasi belajar dan Pelestarian, PemetaanAbstract
Keterbatasan ruang dan fasilitas umum di permukiman padat penduduk membuat anak-anak lebih kreatif dalam memanfaatkan ruang sebagai tempat bermain. Penelitian ini dilakukan untuk memetakan distribusi tempat bermain, memahami persepsi, motivasi belajar dan perilaku anak anak dalam belajar. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naturalistik, melalui pengamatan pada setiap ruang bermain anak, atau lebih tepatnya melalui placed centered mapping atau pemetaan berdasarkan tempat yang berfungsi untuk mengetahui adaptasi ruang bermain anak. Hasil penelitian menyebutkan bahwa anak-anak menggunakan lokasi bermain yang aman dan lingkungan yang banyak penduduk sekitar.bukan tempat berbahaya. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui pedoman observasi dengan instrumen penelitian berbentuk rating scale. Teknik analisis data menggunakan analisis diskriptif dan analisis inferensial. Analisis diskriptif digunakan untuk mengetahui pencapaian indikator motivasi belajar anak kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Bahwa kegiatan bermain mempengaruhi motivasi belajar anak
References
Abdurrahman, R. T., Amiruddin, Barrulwalidin, & Miranda. (2023). Bimbingan Insentif Tahfidzul Qur’an Dan Qiratul Kutub Murid Dayah Jeumala Amal Lung Putu Kabupaten Pidie Jaya. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 135-147.
Abu Ahmad & Widodo, S. (2010). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Bardan, F., Razali, S. ., Amiruddin, T., & Munira Santi , A. . (2023). Pendampingan Santri Melalui Kreatifitas Kerajinan Tangan Di Dayah Muslimat Samalanga. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 249-259.
Barrulwalidin, Muhibuddin, Marzuki Abdullah., & Helmi Imran (2022), Pelatihan Kewirausahaan Dan Kerajianan Tangan Bagi Santriwati Dayah Mudi Putri Samalanga Kabupaten Bireuen Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 117, https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jkdm/article/view/507/459
Dimyati & Mudjiono. (2002). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Asdin Mahasatya.
Hartati, S. (2005). Perkembangan belajar pada anak usia dini. Jakarta: Bhineka Cipta.
Khadijah. (2017). Bermain dan permainan anak usia dini. Medan: Perdana Publishing.
Musrifoh, T. M. (2008). Cerdas melalui bermain. Yogyakarta: Gramedia.
Pupuh, F., dkk. (2001). Strategi mewujudkan pembelajaran bermakna melalui pemahaman konsep umum dan Islam. Bandung: Bumi Aksara.
Rusman. (2015). Pembelajaran tematik terpadu. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sardiman. (2009). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Persada.