Penerapan Metode Muhadatsah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Maharah Kalam Santriwati Dayah Putri Muslimat Samalanga

المؤلفون

  • Mujiburrahman Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Karimuddin Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Tjut Nyak Azimah Student Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Zakiautun Nufus Student Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

DOI:

https://doi.org/10.54621/jkdm.v2i1.748

الكلمات المفتاحية:

Metode، Muhadatsah، Maharah Kalam

الملخص

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Muhadatsah dalam meningkatkan hasil belajar Maharah Kalam santriwati. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan subjek penelitian peserta didik kelas III B Dayah Putri Muslimat Samalanga. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi dengan instrumen unjuk kerja, pedoman observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dari hasil penelitian ini akan dianalisa dengan menggunakan analisa data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan 1) pada tahap inti proses pembelajaran dengan metode Muhadatsah diawali dengan penambahan kosakata baru, latihan teks Muhadatsah pada unsur morfologinya, contoh pelafadzan dan intonasi oleh guru, dan latihan bercakap secara berulang-ulang. 2). Peningkatan hasil belajar Maharah Kalam melalui penerapan metode Muhadatsah dapat terlihat pada kemampuan sebagian besar peserta didik bercakap bahasa Arab dengan menggunakan mufrodat baru, lancar, fasih dari segi makharijul huruf, bercakap dengan intonasi yang tepat serta dengan morfologi yang sesuai 3) Hasil belajar peserta didik pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dengan nilai rata-rata 78 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar menjadi 82%.

المراجع

Amiruddin, (2018). Konsep pendidikan akhlak menurut Mahmud Yunus, Lhokseumawe: Yayasan Madinah Al-Aziziyah.

Anshor, A. M. (2009). Pengajaran Bahasa Arab Media dan Metode-Metodenya, Cet. 1; Yogyakarta: Teras.

Basyir, A. A. (1971). Muzakar al-ta’lim al-Kalam (al-muhadasah). Saudi Arabiyah li Daurah al- Tarbiyah al-Maksyafah.

Chejne, A. G. (1996). Bahasa Arab dan Peranannya dalam Sejarah. Jakarta.

Effendi, A. F. (2005). Metodologi Pengajarab Bahasa Arab. Malang: Misykat.

Hermawan, A. (2013). Meteodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Cet. III; Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ibrahim, N. (2023). إختبار قدرة الإستماع وكلام. AT TARAKIB: Jurnal Bahasa Arab, 1(1), 1-17.

Mujiburrahman, T. (2022). Pelatihan Kegiatan Muhadatsah Bahasa Arab Di Asrama Mabna Lughah Dayah Putri Muslimat Samalanga Kabupaten Bireuen. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 158-176.

Nurbaiti, N. (2022). Ikhtibaru Qudratu Al Istima’u Wa Kalam. Al Mustaqbal, 1(1), 1-17.

Romadi, Ugik. (2023). Inovasi Pendidikan, Sumatera Barat: CV. Afasa Pustaka.

Rosyidi, A. W. (2009). Media Pembelajaran Bahasa Arab, Cet. 1; Malang: UIN Malang Press. Wa Muna. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Teras.

Rosyidi, A. W. (2011). Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press.

sa, N., Evasolina, E., Abdullah, A., & Rahmatillah, R. (2022). Pengenalan Keunikan Kasab Sulaman Benang Emas Khas Aceh di Dayah Putri Muslimat Samalanga. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 91-102.

Yusuf, Tayar & Syaiful, A. (1997). Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Jakarta: Gra- findo Persada.

منشور

2023-06-30

كيفية الاقتباس

Mujiburrahman, Karimuddin, Azimah, T. N. ., & Nufus, Z. . (2023). Penerapan Metode Muhadatsah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Maharah Kalam Santriwati Dayah Putri Muslimat Samalanga. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 188-203. https://doi.org/10.54621/jkdm.v2i1.748