Pendampingan Manajemen Pengawasan Bagi Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Di Dayah Jami’ah Al-Aziziyah (DJA) Batee Iliek Samalanga

Authors

  • Tarmizi Puteh Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Muhammad Iqbal Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Muhammad Fahmi Mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

DOI:

https://doi.org/10.54621/jkdm.v2i2.749

Keywords:

Pendampingan, Manajemen, Pengawasan

Abstract

Seorang pimpinan dayah tidak mungkin mampu melakukan semua aktivitas di dayah dan mengontrolnya terlebih ada kegiatan rutin diluar dayah. Hendaknya seorang pimpinan mampu mengelola pengawasan dengan adanya suatu metode atau pola pengawasan yang terstruktur. Idealnya tugas seorang pimpinan yaitu melakukan pengawasan terhadap terlaksananya seluruh kegiatan yang ada di Dayah.”melalui para staf di bawahnya para guru. Namun pada dasarnya pimpinan lembaga pendidikan, para guru, terkadang tidak sepenuhnya mengawasi kedisiplinan para santri dikarenakan beragam kesibukan dan tugas masing-masing di luar dayah. Berdasarkan permasalahan di atas, penulis berusaha mengkaji lebih lanjut pembahasan tersebut. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Sementara teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Implementasi manajemen pengawasan dayah dalam meningkatkan kedisiplinan santri Dayah Jami’ah Al-Aziziyah (DJA) Batee Iliek Samalanga .”dilakukan dengan dua cara, pertama, secara tidak langsung. Metode ini dilakukan pengawasan dari pihak dewan guru, pengawasan dari santri dan pengawasan dari masyarakat. Implementasinya bisa disampaikan secara langsung kepada pihak keamanan atau humas dayah atau pimpinan dayah baik lisan atau tulisan. Kedua pengawasan secara langsung yang dilakukan Dayah Jami’ah Al-Aziziyah (DJA) Batee Iliek Samalanga.

References

Abdurrahman, R. T., Amiruddin, Barrulwalidin, & Miranda. (2023). Bimbingan Insentif Tahfidzul Qur’an Dan Qiratul Kutub Murid Dayah Jeumala Amal Lung Putu Kabupaten Pidie Jaya. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 135-147.

Bardan, F., Razali, S. ., Amiruddin, T., & Munira Santi , A. . (2023). Pendampingan Santri Melalui Kreatifitas Kerajinan Tangan Di Dayah Muslimat Samalanga. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 249-259.

Hasana, M. T. (2005). Islam dan Masalah Sumberdaya Manusia. Jakarta: Lantabora Press.

Hasibuan, M. S. P. (2002). Manajemen Personalia (Cetakan ke-2). Jakarta: Bumi Aksara.

Islami, N., Nurbaiti, & Nazlatul Ula, N. . (2023). Implementasi Metode IEQIE untuk Meningkatkan Kemampuan ‎Berbicara Santriwati Dayah Putri Muslimat Samalanga Bireuen. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 1-9.

Maisah. (2013). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Referensi Gaung Persada Press Group.

Marno, & Supriyatno, T. (2008). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: Refika Aditama.

Matsuhu. (1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu Kajian Tentang Unsur Dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta.

Nawawi, H. (2009). Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nurbaiti, Islami, N., SA, N., & Raja’ur Razaq, M. . (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Sharaf Yang Efektif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Modern di Dayah Jamiah Al-Aziziyah. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 10-16.

Nurmalina, Amiruddin, et all. (2023). Sumber Daya Manusia Pendidikan, Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Rahmad, J. (2004). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Published

2023-12-31

How to Cite

Puteh, T., Iqbal, M. ., & Fahmi, M. . (2023). Pendampingan Manajemen Pengawasan Bagi Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santri Di Dayah Jami’ah Al-Aziziyah (DJA) Batee Iliek Samalanga. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 294-308. https://doi.org/10.54621/jkdm.v2i2.749