Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kerjasama di Dayah Putri Muslimat Samalanga
DOI:
https://doi.org/10.54621/jkdm.v3i1.754Keywords:
pendidikan, karakter, dayah, kerjasama, santriwatiAbstract
Pendidikan karakter merupakan pendidikan untuk membentuk kepribadian seseorang melalui pendidikan budi pekerti, yang hasilnya terlihat dalam tindakan nyata seseorang, yaitu tingkah laku yang baik dan jujur, bertanggung jawab, menghormati hak orang lain, kerja keras, dan sebagainya. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat adalah mengetahui bagaimana cara mengimplementasikan pendidikan karakter melalui kerjasama. Pengabdian ini menggunakan metode pendampingan Participatory Action Research (PAR). Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai pelatihan pendidikan karakter melalui kerjasama di Dayah Putri Muslimat Samalanga telah terlaksana dengan baik. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengenai pelatihan pendidikan karakter melalui gotong royong di Dayah Putri Muslimat Samalanga mendapatkan respon yang antusias dari para Santriwati Dayah Putri Muslimat Samalanga.Terdapat 3 pertanyaan dari peserta pelatihan (Santriwati ) terkait materi pendidikan karakter melalui kerjasama
References
Abdullah, Amiruddin, and Ruslan Razali. “Exploring Cash Waqf Models for Financial Modernisation in Dayah-Based Islamic Higher Education Institutions in Aceh : A Sociology of Islam Perspective” 14, no. 1 (2024): 62–78.
Abdul Majid & Dian Andayani, Pendidikan Karakter Persepektif Islam, Cet. III, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013
Abuddin Nata, Akhlak Tasawuf, Cet. II, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1997
Depertemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1991
E. Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi aksara, 2014
E. Mulyasa, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: Rosda Karya, 2013
Helmi, Problematika Manajemen Perencanaan Pendidikan Kitab Kuning di Dayah Baitul Ihsan Al-Hanafiah Gampong Putoh Kecamatan Samalanga, Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 1 Nomor 1, 2022
Jamal Ma’mur Asmani, Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah, (Jokjakarta: Diva press, 2011
Movitaria, Mega Adyna, Teungku Amiruddin, Ade Putra Ode Amane, Muhammad Munir, and Qurnia Indah Permata Sari. Metodologi Penelitian. Pasaman Barat: CV. Afasa Pustaka, 2024.
Novan Ardy Wiyani, Manajemen Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya di Sekolah, Yokyakarta: Pustaka Insan Madani, 2012
Raudhatul Ula, Pembinaan Akhlak Santriwati Melalui Pelaksanaan Tarekat Syattariah Di Dayah Putri Muslimat Samalanga, Skripsi, Prodi PAI IAI Al-Aziziyah Samalanga, 2023
Rusli, Tiffany Shahnaz;, and Dahlia; Amiruddin Boari, Yoseb; Amelia. Pengantar Metodologi Pengabdian Masyarakat. Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2024.
Sofyan Mustoip, Dkk, Implementasi pendidikan karakter, Surabaya: CV. Jakad Plubishing, 2018
Sugeng Listyo Prabowo & Faridah Nurmaliyah, Perencanaan Pembelajaran: Pada Bidang Study, Bidang Study Tematik, Muatan Lokal, Kecakapan Hidup, Bimbingan dan Konseling, Malang: UIN-Maliki Press, 2010
Suyanto, Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama, Jakarta: DIKTI, 2010
Zainal Aqib, Pendidikan Karakter Membangun Perilaku Positif Anak Bangsa, Bandung Yrama Widya , 2011