Upaya Membuat Miniatur Rumah Dari Stik Escriem Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Di Dayah Putri Muslimat Samalanga Kab. Bireuen
DOI:
https://doi.org/10.54621/jkdm.v3i1.783Keywords:
Miniatur Rumah, Kreativitas, SiswaAbstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kegiatan membuat miniatur rumah dari stik escriem untuk meningkatkan kreativitas siswa. Penelitian ini menggunakan metode pendampingan Participatory Action Research (PAR). Metode PAR memiliki tiga kata yang saling berhubungan satu sama lain, yaitu partisipasi, riset dan aksi. Metode ini adalah untuk melatih daya ingat dan respon rasa ingin tahu siswa terhadap materi pembelajaran dengan bantuan media tiga dimensi sehingga siswa dapat berimajinasi dalam mengolaborasikan ide kreatifnya ke dalam bentuk objek yang dapat dilihat dan disentuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berminat dan bersemangat, sehingga mereka dapat memperhatikan materi lebih maksimal. Siswa termotivasi untuk melakukan tindakan membuat miniatur dengan imajinasi yang dimiliki. Peningkatan kreativitas dilihat dari cara siswa membentuk, mewarnai, dan menggabungkan bahan yang ada sehingga membentuk media miniatur yang diinginkan serta peningkatan pemahaman materi yang disampaikan, sehingga daya ingat siswa menjadi lebih baik.
References
Abdullah, Amiruddin. “Qualitative Study: Comparison of Implementation of The Effectiveness of the Ethno-Religious-Based SAVI Model in Improving Problem-Solving Skills in PAI Learning.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 8, no. 2 (2024): 1245–56. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/6192.
Amiruddin. Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Mahmud Yunus. Lhokseumawe: Yayasan Madinah Al-Aziziyah, 2018.
Bardan, Fadhilah, Saidaturrahmah Razali, Teungku Amiruddin, and Alfi Munira Santi. “Pendampingan Santri Melalui Kreatifitas Kerajinan Tangan Di Dayah Muslimat Samalanga.” Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 2 (2023): 249–59. https://doi.org/10.54621/jkdm.v2i2.752.
Daryanto, Media Pembelajaran, Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, 2010
Dokumentasi Dayah Putri Muslimat pada tanggal 25 Desember 2023.
Guslinda, Rita Kurnia, Media Pembelajaran Anak Usia Dini, Surabaya: CV Jakad Publishing, 2018
Movitaria, Mega Adyna, Teungku Amiruddin, Ade Putra Ode Amane, Muhammad Munir, and Qurnia Indah Permata Sari. Metodologi Penelitian. Pasaman Barat: CV. Afasa Pustaka, 2024.
Republik Indonesia. Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Rusli, Tiffany Shahnaz;, and Dahlia; Amiruddin Boari, Yoseb; Amelia. Pengantar Metodologi Pengabdian Masyarakat. Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2024.
Usep Kustiawan, Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini, Malang: Gunung Samudra, 2016
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010
Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2010