Implementasi Metode IEQIE untuk Meningkatkan Kemampuan ‎Berbicara Santriwati Dayah Putri Muslimat Samalanga Bireuen

Authors

  • Nauratul Islami Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Nurbaiti Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Nabilla Nazlatul Ula Student Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

Keywords:

Metode, IEQIE, Keterampilan, Berbicara

Abstract

Keterampilan berbicara adalah kemampuan siswa untuk mencapai makna melalui kata-kata tentang ide siswa. Adapun untuk mengajarkan pembelajaran bahasa Arab bukanlah hal yang mudah, guru membutuhkan metode yang tepat agar siswa dapat memahaminya dengan mudah. Metode IEQIE merupakan metode yang dirancang dengan dua landasan pendekatan, yaitu pendekatan komunikatif dan pendekatan permisif. Modalitas ini bisa ideal jika didukung oleh otoritas guru terhadap metode yang berbeda sehingga mereka dapat mengambil secara tepat kekuatan dari masing-masing metode dan menyesuaikannya dengan kebutuhan program pelatihan yang ditangani. Kegiatan implementasi metode IEQIE untuk meningkatkan kemampuan berbicara santriwati Dayah Putri Muslimat Samalanga Bireuen khususnya untuk santriwati Mabna Lughah berhasil dilaksanakan. Sehingga dengan menggunakan metode baru ini diharapkan agar dapat terus berkelanjutan. Sehingga dapat memaksimalkan hasil kegiatan ini. Para pengajar dan penasehat di Mabna Lughah diharapkan tetap konsisten dan disiplin dalam menerapkan metode ini. Dan juga terus memperbaiki kekurangan dalam kegiatan ini.

References

Alfi Zahara, (2023), Tathwir Maharah al-Kalam bi Thariqati IEQIE ‘ala Asas Communicative Approach wa Permissive Approach ladai at-thalibati (Dirasatu al-Bahtsi wa at-Tathwiri bi MTSN 2 Aceh Timur), Banda Aceh: Pascasarjana UIN Ar-Raniry

Ali Ahmad Madkur, (1991), Tadris Funun al-Lughah al-‘Arabiyah, Kairo: Dar al-Syawaf,

Karimuddin, Training Metode Tashil al-Thullab Cara Cepat Baca Kitab Kuning di Dayah Jamiah Al-Aziziyah Batee Iliek Samalanga Bireuen, “Khadem: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat”, Vol. 1, No. 2, 2022.

Romadi, Ugik. (2023). Inovasi Pendidikan, Sumatera Barat: CV. Afasa Pustaka.

Rusydi Tha’imah, (2004) Ta’lim li manahiji al-‘Ammati al-Asasi, Kairo: Daar al-Fikri

sa, N., Evasolina, E., Abdullah, A., & Rahmatillah, R. (2022). Pengenalan Keunikan Kasab Sulaman Benang Emas Khas Aceh di Dayah Putri Muslimat Samalanga. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 91-102.

Arsip Dokumentasi Dayah Putri Muslimat pada 2023

Published

2023-09-30

How to Cite

Islami, N., Nurbaiti, & Nazlatul Ula, N. . (2023). Implementasi Metode IEQIE untuk Meningkatkan Kemampuan ‎Berbicara Santriwati Dayah Putri Muslimat Samalanga Bireuen. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 1-9. Retrieved from https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jkdm/article/view/790

Issue

Section

Articles