Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab yang Menarik dan Inovatif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Santri Dayah Darutthalibi Al-Aziziyah Samalanga

Authors

  • Bani Amin Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Amiruddin Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Asmaul Husna Student Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

Keywords:

Pengembangan, Bahan Ajar, Inovatif

Abstract

Latar belakang kegiatan ini didasari oleh rendahnya motivasi belajar Bahasa Arab di kalangan santri, yang dikaitkan dengan metode pengajaran konvensional dan kurangnya materi ajar yang menarik. Untuk mengatasi masalah tersebut, metode kegiatan pengabdian yang diterapkan melibatkan pengembangan materi ajar Bahasa Arab yang tidak hanya sesuai dengan kurikulum, tapi juga memanfaatkan teknologi dan pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan. Proses ini melibatkan kerjasama antara pengajar, santri, dan ahli teknologi pendidikan dalam merancang dan menerapkan materi ajar yang baru. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam motivasi belajar Bahasa Arab di kalangan santri. Materi ajar yang dikembangkan berhasil menarik minat santri untuk lebih aktif dan antusias dalam proses pembelajaran, sekaligus meningkatkan pemahaman mereka tentang Bahasa Arab. Kesimpulannya, pengembangan bahan ajar Bahasa Arab yang inovatif terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar santri, yang mana membuka jalan bagi peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Arab di lingkungan pendidikan keagamaan.

References

Ali Ahmad Madkur, (1991), Tadris Funun al-Lughah al-‘Arabiyah, Kairo: Dar al-Syawaf,

Romadi, Ugik. (2023). Inovasi Pendidikan, Sumatera Barat: CV. Afasa Pustaka.

Rusli, T.S. and Boari, Yoseb; Amelia, D.A. (2024) Pengantar Metodologi Pengabdian Masyarakat. Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

sa, N., Evasolina, E., Abdullah, A., & Rahmatillah, R. (2022). Pengenalan Keunikan Kasab Sulaman Benang Emas Khas Aceh di Dayah Putri Muslimat Samalanga. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 91-102.

Nurbaiti, N., & Lhokweng, A. (2023). Social Education Seminar for PKH Beneficiary Families in Nisam Subdistrict, North Aceh:(Theme: The Role of PKH Beneficiary Mothers in Family and Social Life). Teumulong: Journal of Community Service, 1(1), 24-30.

Taufiqurrahman, M. (2023). Tracing the History of Tun Sri Lanang in Samalanga Bireuen, Aceh: The Intersection of Arabic Language Science, Management, and Communication. Teumulong: Journal of Community Service, 1(1), 37-42.

Published

2023-08-30

How to Cite

Amin, B., Amiruddin, & Husna, A. . (2023). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab yang Menarik dan Inovatif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Santri Dayah Darutthalibi Al-Aziziyah Samalanga. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 17-24. Retrieved from https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jkdm/article/view/799

Issue

Section

Articles