eningkatan Kemampuan Istima' Guru Bahasa Arab di Dayah Darutthalibi Al-Aziziyah Samalanga

Authors

  • Mira Ulfa Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Nurbaiti Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Mufrian Student Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

Keywords:

Peningkatan, Kemampuan, Istima'

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat berjudul "Peningkatan Kemampuan Istima' Guru Bahasa Arab di Dayah Darutthalibi Al-Aziziyah Samalanga" bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mendengar (istima') guru-guru Bahasa Arab. Ini menjadi penting mengingat kemampuan istima' merupakan fondasi penting dalam penguasaan bahasa yang efektif dan merupakan bagian integral dalam proses pembelajaran Bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi serangkaian workshop yang dilaksanakan selama dua bulan dengan menghadirkan instruktur bahasa Arab yang kompeten. Workshop ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman mendengarkan melalui pendekatan interaktif, penggunaan media audio visual, serta latihan mendengarkan yang intensif. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kemampuan istima' para guru, dimana mereka menjadi lebih mampu memahami berbagai aksen dan dialek dalam Bahasa Arab, serta meningkatkan efektivitas mereka dalam mengajar bahasa tersebut. Feedback positif dari para peserta menegaskan keberhasilan kegiatan ini dalam mencapai tujuannya.

           

References

Akte pendirian Balai Pengajian Ar-Ri’ayah Al-Aziziyah, 2019.

Amiruddin, (2018). Konsep pendidikan akhlak menurut Mahmud Yunus, Lhokseumawe: Yayasan Madinah Al-Aziziyah.

Azhar arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011.

Ibrahim, N. (2023). إختبار قدرة الإستماع وكلام. AT TARAKIB: Jurnal Bahasa Arab, 1(1), 1-17.

Mujiburrahman, T. (2022). Pelatihan Kegiatan Muhadatsah Bahasa Arab Di Asrama Mabna Lughah Dayah Putri Muslimat Samalanga Kabupaten Bireuen. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 158-176.

Nurbaiti, N. (2022). Ikhtibaru Qudratu Al Istima’u Wa Kalam. Al Mustaqbal, 1(1), 1-17.

Romadi, Ugik. (2023). Inovasi Pendidikan, Sumatera Barat: CV. Afasa Pustaka.

sa, N., Evasolina, E., Abdullah, A., & Rahmatillah, R. (2022). Pengenalan Keunikan Kasab Sulaman Benang Emas Khas Aceh di Dayah Putri Muslimat Samalanga. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 91-102.

Suhaedi.dkk, Buku Saku Metodelogi Partisipatory Action Research (PAR) Dalam Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA), ed.by Denna ritonga Ayatullah, (Banten: LP2M UIN Sultan Maulana HAsanuddin Banten), 2019.

Published

2023-08-30

How to Cite

Ulfa, M., Nurbaiti, & Mufrian. (2023). eningkatan Kemampuan Istima’ Guru Bahasa Arab di Dayah Darutthalibi Al-Aziziyah Samalanga. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 25-34. Retrieved from https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jkdm/article/view/806

Issue

Section

Articles