Peningkatan Kemampuan Kitabah Santri Dayah Darutthalibi Al-Aziziyah Samalanga

Authors

  • Nurfitri Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Bani Amin Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Marisa Student Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

Keywords:

Peningkatan, Kemampuan, Kitabah

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis (kitabah) santri Dayah Darutthalibi Al-Aziziyah Samalanga. Tujuan ini diharapkan dapat membantu santri dalam mengartikulasikan pemikiran dan pengetahuan mereka secara tertulis, yang nantinya berguna dalam pendidikan mereka serta dalam menyebarkan dan mempertahankan keilmuan agama Islam. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode pelatihan dan workshop yang intensif. Pelatihan dilakukan dengan menggabungkan teori dan praktik secara langsung. Para santri diajarkan dasar-dasar penulisan, struktur artikel, serta cara mengembangkan argumen yang efektif. Para pengajar yang terlibat adalah ahli di bidang kitabah dan pendidikan Islam, yang memungkinkan transfer ilmu secara efektif. Hasil dari kegiatan pengabdian ini terlihat signifikan di mana terjadi peningkatan kemampuan menulis santri secara umum. Sebanyak 80% dari peserta kegiatan menunjukkan peningkatan dalam struktur penulisan dan kemampuan mengembangkan argumen. Kegiatan ini juga berhasil menciptakan minat yang lebih besar terhadap kegiatan ilmiah dan kitabah di kalangan santri, serta menghasilkan beberapa karya tulis yang dapat dijadikan contoh untuk santri lainnya dalam pengembangan keilmuan mereka.

References

Amiruddin, (2018). Konsep pendidikan akhlak menurut Mahmud Yunus, Lhokseumawe: Yayasan Madinah Al-Aziziyah.

Azhar arsyad, Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011.

Ibrahim, N. (2023). إختبار قدرة الإستماع وكلام. AT TARAKIB: Jurnal Bahasa Arab, 1(1), 1-17.

Mujiburrahman, T. (2022). Pelatihan Kegiatan Muhadatsah Bahasa Arab Di Asrama Mabna Lughah Dayah Putri Muslimat Samalanga Kabupaten Bireuen. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 158-176.

Nurbaiti, N. (2022). Ikhtibaru Qudratu Al Istima’u Wa Kalam. Al Mustaqbal, 1(1), 1-17.

Romadi, Ugik. (2023). Inovasi Pendidikan, Sumatera Barat: CV. Afasa Pustaka.

sa, N., Evasolina, E., Abdullah, A., & Rahmatillah, R. (2022). Pengenalan Keunikan Kasab Sulaman Benang Emas Khas Aceh di Dayah Putri Muslimat Samalanga. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 91-102.

Suhaedi.dkk, Buku Saku Metodelogi Partisipatory Action Research (PAR) Dalam Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA), ed.by Denna ritonga Ayatullah, (Banten: LP2M UIN Sultan Maulana HAsanuddin Banten), 2019.

Published

2023-08-30

How to Cite

Nurfitri, Amin, B., & Marisa. (2023). Peningkatan Kemampuan Kitabah Santri Dayah Darutthalibi Al-Aziziyah Samalanga. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 35-42. Retrieved from https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jkdm/article/view/807

Issue

Section

Articles