Mengoptimalkan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Teknologi Informasi untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Era Digital di Dayah Darutthalibi Al-Aziziyah Samalanga

Authors

  • Murdani Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Mahdir Muhammad Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh
  • Akrima Student Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

Keywords:

Teknologi, Kualitas, Era Digital

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang bertajuk "Mengoptimalkan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Teknologi Informasi untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Era Digital di Dayah Darutthalibi Al-Aziziyah Samalanga" ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran Bahasa Arab melalui penerapan teknologi informasi. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk mengintegrasikan alat-alat digital dalam proses pembelajaran sehingga dapat menjangkau lebih luas dan mendalam. Metode yang digunakan meliputi pelatihan pengajar terkait penggunaan aplikasi pembelajaran interaktif, workshop pengembangan materi ajar digital, dan implementasi kelas virtual. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan pengajar mengintegrasikan teknologi dalam pengajaran dan peningkatan motivasi serta pemahaman bahasa Arab oleh siswa. Kegiatan ini juga berdampak pada peningkatan keterampilan digital pengajar dan siswa, serta menyediakan model pembelajaran yang dapat diadaptasi oleh lembaga pendidikan serupa.

References

Abdullah, A. (2020). Strategi Dayah Darutthalibin Al-Aziziyah Dalam Penerapan Metode Iqra’Terhadap Kemampuan Belajar Al-Qur’an. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(2), 60-70.

Abdullah, A., & Ibrahim, N. (2022). استخدام المدخل الاتصالي لترقية مهارة الكتابة في الفصل الخامس بمعهد أم الأيمان بوتري. Jurnal Seumubeuet, 1(1), 1-17.‎

Abdullah, A., & Tullah, R. (2020). Honor Mengajar Dalam Perspektif Hadis dan Cara Menumbuhkan Nilai-Nilai Keikhlasan dalam Mengajar. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(1), 9-24.

Amin, B., Amiruddin, & Husna, A. . (2023). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab yang Menarik dan Inovatif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Santri Dayah Darutthalibi Al-Aziziyah Samalanga. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 17-24.

Amiruddin, (2018). Konsep pendidikan akhlak menurut Mahmud Yunus, Lhokseumawe: Yayasan Madinah Al-Aziziyah.

Ibrahim, N. (2023). إختبار قدرة الإستماع وكلام. AT TARAKIB: Jurnal Bahasa Arab, 1(1), 1-17.

Mujiburrahman, T. (2022). Pelatihan Kegiatan Muhadatsah Bahasa Arab Di Asrama Mabna Lughah Dayah Putri Muslimat Samalanga Kabupaten Bireuen. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 158-176.

Nurbaiti, N. (2022). Ikhtibaru Qudratu Al Istima’u Wa Kalam. Al Mustaqbal, 1(1), 1-17.

Romadi, Ugik. (2023). Inovasi Pendidikan, Sumatera Barat: CV. Afasa Pustaka.

Rusli, T.S. and Boari, Yoseb; Amelia, D.A. (2024) Pengantar Metodologi Pengabdian Masyarakat. Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

sa, N., Evasolina, E., Abdullah, A., & Rahmatillah, R. (2022). Pengenalan Keunikan Kasab Sulaman Benang Emas Khas Aceh di Dayah Putri Muslimat Samalanga. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 91-102.

Published

2022-08-30

How to Cite

Murdani, Muhammad, M., & Akrima. (2022). Mengoptimalkan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Teknologi Informasi untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Era Digital di Dayah Darutthalibi Al-Aziziyah Samalanga. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(02), 67-74. Retrieved from https://ejournal.unisai.ac.id/index.php/jkdm/article/view/818

Issue

Section

Articles