Sosialisasi Digital Marketing Bagi Umkm Di Desa Miduen Jok Samalanga
DOI:
https://doi.org/10.54621/jkdm.v3i1.913Keywords:
Sosialisasi, Digital Marketing, UMKMAbstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Mideun Jok, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen, memiliki peran penting sebagai salah satu penggerak utama perekonomian. Keberadaannya sangat diperhitungkan, terutama dalam kontribusinya terhadap penyerapan tenaga kerja dan pengurangan masalah ketenagakerjaan di Desa Mideun Jok. Meskipun UMKM di wilayah tersebut memberikan kontribusi yang cukup signifikan, pelaku UMKM masih menghadapi beberapa masalah dalam menjalankan usahanya. Salah satunya adalah kurangnya pemahaman strategi UMKM dan pengelolaan keuangan. Untuk mengatasi kendala ini, dilakukan pengabdian masyarakat yang bertujuan memberikan pengetahuan kepada pelaku UMKM mengenai pengelolaan keuangan, pemasaran produk atau jasa, serta inovasi dalam pengembangan produk atau jasa. Pengabdian masyarakat, terutama yang dilakukan oleh mahasiswa, menjadi wadah penting untuk memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM. Sebelum adanya upaya ini, pelaku usaha UMKM di Desa Mideun Jok belum sepenuhnya menyadari pentingnya pengelolaan keuangan, pemasaran, dan inovasi sebagai elemen kunci dalam pengembangan usaha mereka. Dengan adanya pengabdian masyarakat, diharapkan pelaku UMKM dapat lebih memahami dan menerapkan praktik-praktik terbaik dalam mengelola usaha mereka demi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.
References
Darmawan, D. 2012. Pendidikan Teknologi Informasidan Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.
Hartono dan Deny D. Hartomo. 2014. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan UMKM di Surakarta. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 14, No. 1: 15-30.
Kotler, Philip., Hermawan Kartajaya., & Iwan Setiawan. 2017. Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. John Wiley & Sons, Inc. Hoboken –New Jersey.
Kuncoro, Mudrajat. 2010. Masalah, Kebijakan, dan Politik Ekonomika Pembangunan. Jakarta.
Movitaria, M. A., Ode Amane, A. P., Munir, M., Permata, Q. I., Amiruddin, T., Saputra, E., Ilham, I., Anam, K., Masita, M., Misbah, Muh., Haerudin, H., Halawati, F., Arifah, U., Rohimah, R., & Siti Faridah, E. (2024). Metodologi Penelitian. CV. Afasa Pustaka.
Purwana ES, Dedi., Rahmi., dan Shandy Aditya. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM).E-ISSN: 2580-4332. Vol.1 No. 1, Juli 2017.
Rusli, T. S., & Boari, Yoseb; Amelia, D. A. (2024). Pengantar Metodologi Pengabdian Masyarakat. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Tedjasuksmana, Budianto. 2015. Potret Umkm Indonesia Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015. The 7th NCFB and Doctoral Colloqium 2014, 189–202.
Tiago, Maria Teresa P.M. Borges. And Jose Manuel C. Verissimo. 2014. Digital Marketing and Social Media: Why Bother?. Business Horizons. 57(6), 703-708.