Pengawasan Terhadap Santri dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Privat di Dayah MUDI 2 Blang Garang, Samalanga, Bireuen

Authors

  • Miftahuddin Abu Bakar Universitas Islam Al-Aziziyah Indonesia (UNISAI)
  • Saiful Bahri Universitas Islam Al-Aziziyah Indonesia
  • Mahmudi Hanafiah Universitas Islam Al-Aziziyah Indonesia
  • Farhan Maulana Mahasiswa Universitas Islam Al-Aziziyah Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54621/jkdm.v3i2.984

Keywords:

Pesantren, Pengawasan, Kualitas Pembelajaran

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan tertua di Indonesia yang memadukan pembelajaran agama dengan nilai kehidupan secara menyeluruh, berperan dalam membentuk karakter santri yang berakhlak mulia. Dalam menjaga mutu pendidikan, pengawasan yang efektif sangat penting, dilakukan secara sistematis, objektif, dan dengan komunikasi terbuka. Dayah MUDI 2 Blang Garang menjadi contoh pesantren yang berhasil mengintegrasikan pengawasan terarah melalui badan khusus, untuk memastikan kualitas pembelajaran santri, khususnya dalam pembelajaran privat. Pengabdian ini bertujuan mengeksplorasi efektivitas pengawasan dan faktor-faktor keberhasilannya di Dayah MUDI 2 Blang Garang, menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) yang melibatkan santri, guru privat, dan pengurus dayah. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pengawasan yang terarah, evaluasi berkala, dan pemberian umpan balik konstruktif berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran dan motivasi belajar santri, meskipun ada tantangan seperti keterbatasan fasilitas. Rekomendasi untuk keberlanjutan program meliputi pelatihan guru, sistem evaluasi rutin, penyusunan modul pembelajaran, pembentukan tim pengawas terstruktur, peningkatan fasilitas, dan program motivasi, agar kualitas pendidikan di Dayah MUDI 2 terus meningkat secara berkelanjutan.

References

Ajenjo, E. S. (2020). Program Planning and Development. New York: Educational Press.

Alauddin., Muhibuddin, Amiruddin, & T. M. Halim Marsal. (2022). Pelatihan Pendidikan Karakter Melaui Gotong Royong di Dayah MUDI Mesra Samalanga. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 46-57

Arikunto, S. (2013). Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Kast, F. E., & Rosenzweig, J. E. (2004). Organizations and Systems Theory. New York: McGraw-Hill.

Maslow, A. H. (1943). A Theory of Human Motivation. Psychological Review, 50(4), 370-396.

Mochamad Nashrullah dkk, (2023) METODOLOGI PENGABDIAN PENDIDIKAN (Prosedur Pengabdian, Subyek Pengabdian, dan Pengembangan Teknik Pengumpulan Data), sidoarjo: UMSIDA Pres,

Nasution, S. (2015). Teori Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Piaget, J. (1971). Psychology and Epistemology: Towards a Theory of Knowledge. New York: Grossman.

Rappaport, J. (1987). Terms of Empowerment/Exemplars of Prevention: Toward a Theory for Community Psychology. American Journal of Community Psychology.

Ratna Dewi Nur’aini, (2020) “Penerapan Metode Studi Kasus Yin Dalam Pengabdian Arsitektur Dan Perilaku”, Inersia, Vol. Xvi No. 1, Mei 2020, Hal 93

Rusli, T.S. and Boari, Yoseb; Amelia, D.A. (2024) Pengantar Metodologi Pengabdian Masyarakat. Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Sergiovanni, T. J., & Starratt, R. J. (2007). Supervision: A Redefinition. New York: McGraw-Hill.

Shannon, C. E., & Weaver, W. (1949). The Mathematical Theory of Communication. Urbana: University of Illinois Press.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.

Zuhdi, M. (2019). Pengawasan Pendidikan di Pesantren Modern. Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 210-227.

Published

2024-12-31

How to Cite

Abu Bakar, M., Saiful Bahri, Hanafiah, M., & Farhan Maulana. (2024). Pengawasan Terhadap Santri dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Privat di Dayah MUDI 2 Blang Garang, Samalanga, Bireuen. Khadem: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 199-207. https://doi.org/10.54621/jkdm.v3i2.984