Pengaruh Nilai yang Dirasakan Terhadap Niat Pembelian Kembali Pelanggan Toyota : “Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi”
(Studi Kasus Pelanggan Toyota di Kab.Pidie)
DOI:
https://doi.org/10.54621/jiam.v8i2.138Keywords:
Nilai Yang Dirasakan, Niat Pembelian Kembali, Kepuasan Pelanggan.Abstract
Persaingan yang semakin ketat dalam pasar mobil, dimana konsumen dihadapkan pada berbagai alternatif pilihan produk yang ditawarkan, maka produsen dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan pasar sebagai dasar penetapan keputusan terhadap strategi pemasaran perusahaan. Saat ini kualitas produk serta nilai yang dirasakan adalah permasalahan terpenting dari pembeda antara dealer mobil satu dengan dealer mobil yang lain. Hanya dealer mobil yang memberikan kualitas produk dan fasilitas nilai yang dirasakan, untuk dapat mempunyai pelanggan yang loyal terhadap dealer. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara nilai yang dirasakan terhadap niat pembelian kembali produk toyota di Pidie melalui variabel kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. Objek penelitian ini adalah pelanggan produk toyota. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi berpengaruh secara langsung terhadap variabel niat pembelian kembali dari nilai yang dirasakan oleh pelanggan produk toyoda di Pidie dengan pengaruh yang signifikan. hal ini dikarenakan nilai koefisien hubungan langsungnya lebih besar dari pada nilai koefisien tidak langsung yang berarti nilai yang dirasakan berpengaruh terhadap niat pembelian kembali secara tidak langsung melalui kepuasan pelanggan.Terjadi mediasi parsial karena pengaruh variabel independen pada variabel dependen baik secara langsung maupun tidak langsung adalah signifikan.
References
Ariningsih, 2010, Pengaruh perceived value pada loyalitas konsumen yang dimediasi oleh kepuasan konsumen dan dimoderatori oleh gender. Jurnal Universitas muhammadiayah purworejo, Vol. 55, 43-59.
Ferdinand, Augusty. Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen Aplikasi Model-model Rumit dalam Penelitian untuk Tesis Magister & Disertasi Doktor. Edisi Kedua. Semarang : BP UNDIP, 2002.
https://m.bisnis.com/amp/read/20210103/1338116/toyota-pimpin-pasar-kuasi-319-persen-penjualan-mobil-ri. Pada tanggal 1 april 2021.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. Marketing Management edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Prenhallindo. 2000.
Kotler, Philip. “ Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian”. Buku Satu. Edisi Kedelapan.. Jakarta : Penerbit Salemba Empat. 1995.
Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Alih bahasa: Ancella Anitawati Hermawan. Jilid II. Edisi 9. Jakarta : Prehallindo, 2000.
Ndubisi, Nelson Oly And Chew, Tung Moi.2006. Awareness and Usage of promotional tools by malaysian Consumers: The Cas Of Low Involvement Products, Management Research News Vol. 29 No.1.
Schnaars, S.P. 1991. Marketing Strategy: “A Customer Driven Approach”. New York : The Free Press.
Setyawan dan Ihwan, Anton A, Ihwan Susila“Pengaruh Service Quality Perception terhadap Purchase Intentions: Studi empirik pada konsumen supermarket”, th 2004.
Tjiptono, Fandy. Pemasaran Jasa . (malang : bayumedia publishing, 2006.
Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran (Edisi III). Yokyakarta : Andi, 2008
Zeithaml, V.A. 1988. Consumer Perceptions of Price, Quality, and Value: A Meansend Model and Synthesis of Evidence. Journal of Marketing, Vol. 52,.