Konsep Infak dan Nafkah dalam Syariat Islam Berdasarkan Kajian Tafsir dan Fikih

Authors

  • Muhammad Iqbal Sabirin Insitut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiam.v10i1.608

Keywords:

Infak, Nafkah, Syariat Islam, Tafsir, Fikih

Abstract

Syariat Islam telah mengatur konsep infak dan nafkah di dalam Al-Qur`an dan hadis yang penjelasannya telah dijabarkan secara rinci oleh para fukaha. Oleh karena itu, permasalahan ini perlu dikaji dari perspektif tafsir dan fikih. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library reasearch) yang termasuk dalam penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penulis akan mendeskripsikan konsep infak dan nafkah yang diatur dalam syariat Islam berdasarkan kajian tafsir dan fikih. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa infak terbagi kepada dua, yaitu infak wajib dan infak sunah (tathawwu’). Infak wajib meliputi nafkah untuk untuk diri sendiri, nafkah kepada orang lain karena hubungan kekerabatan, kepemilikan dan perkawinan. Sedangkan infak sunah seperti infak yang diberikan untuk anak yatim, fakir miskin dan sebagainya. Dalam berinfak perlu menjaga adab dan etikanya, agar infaknya tidak batal dan sia-sia. Islam juga mengatur kadar infak yang baik, yaitu jangan sampai masuk dalam kategori isrāf (boros) dan juga tidak sampai iqtār (pelit).

References

Abdullah bin Abdurrahman al-Bassam, Syarah Hadits Pilihan Bukhari-Muslim, Bekasi: Darul Falah, 2011.

Al-Darimi, Sunan al-Darimi, Juz 4, Beirut: Dar al-Fikr, tt.

Fakhruddin al-Razi, Mafatih al-Ghaib, Juz 5, Beirut: Daru Ihya` al-Turats al-‘Arabi, tt.

Ibnu Katsīr, Tafsīr al-Qur`ān al-‘Adhīm, Jld. 1, Saudi: Daru Thaybah Li al-Nasyri Wa Al-Tauzī’, 1999.

Ibnu Majah, Sunan Ibni Majah, Juz 2, Kairo: War al-Hirats, tt.

Ibrahīm al-Bājurī, Hāsyiyah al-Bājurī ‘alā Ibni Qāsim al-Ghazī, Jld. 2, Semarang: Toha Putra, tt.

Imam al-Hafizh Ahmad ibn Ali ibn Hajar al-‘Asqalani, Ibānah al-Ahkām Syarh Bulūgh al-Marām, Beirut: Dar al-Fikr, tt.

Imam al-Thabarī, Tafsīr al-Thabarī, Jld. 7, Beirut: Muassisah al-Risālah, 1994.

Imam Husain bin Mas’ud al-Baghawī, TafsīrAl-Baghawī, Jld. 8, Saudi: Dar Thaybah, 1412 H.

Imam Muslim, Shahih Musllim, Juz 2, Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, tt.

Jalaluddin al-Maẖallī dan Jalaluddin al-Suyūthī, Tafsīr al-Jalālain, Jld. 1, Surabaya: al-Haramain, tt.

Muhammad bin Ahmad al-Qurthubī, al-Jāmi’u Li Aẖkam al-Qur`an Wa al-Mubayyinu Lima Tadhammahu Min al-Sunnnati Wa Ayi al-Furqān, Jld. 5, Beirut: Muassisah al-Risālah, 671 H.

Muhammad bin Qāsim al-Ghazī, Fatẖ al-Qarīb, Mesir: Mushtafa Albabi al-Halabi, 1343 H.

Wahbah al-Zuẖailī , al-Tafsīr al-Munīr Fi al-‘Aqīdati Wa al-Syarī’ati Wa al-Manhaj, Jld. 1, Damaskus: Dār al-Fikr, 2009.

Wahbah al-Zuẖailī, Fiqih Islam Wa Adillatuhu, Jld. 10, (Terjm: Abdul Hayyie Al-Kattani), Judul Asli: al-fiqh al- Islāmī wa Adillātuh, Jakarta: Gema Insani, 2011.

Published

2023-06-18

How to Cite

Sabirin, M. I. . (2023). Konsep Infak dan Nafkah dalam Syariat Islam Berdasarkan Kajian Tafsir dan Fikih. Jurnal Al-Mizan, 10(1), 106-122. https://doi.org/10.54621/jiam.v10i1.608

Issue

Section

Artikel