Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Grong-Grong Sigli

Authors

  • Ibrahim Hasballah Institut Agama Islam Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiam.v10i2.658

Keywords:

Pengaruh, Pelayanan, Nasabah

Abstract

Persaingan di industri perbankan dan jasa keuangan yang semakin intensif menuntut Bank   harus memenuhi kebutuhan dan keinginan nasabahnya karena setiap Bank akan bersaing merebut hati nasabahnya. Bank Syariah Indonesia KCP Grong-Grong memiliki strategi untuk memuaskan nasabah dengan memberikan pelayanan yang maksimal. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana pengaruh pelayanan terhadap kepuasan nasabah di Bank BSI KCP Grong-Grong, Dengan menggunakan metode kuantitatif. Adapun jumlah sampel yang dilibatkan dalam penelitian ini sebanyak 100 nasabah dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah BSI KCP Grong-Grong. semakin rendah Kualitas pelayanan maka akan semakin rendah pula kepuasan nasabah BSI KCP Grong-Grong, dan begitu juga sebaliknya, jika Kualitas pelayanan yang tinggi, maka semakin tinggi pula kepuasan nasabah BSI KCP Grong-Grong.

References

Abdul Haris Hasmar, & Amiruddin. (2021). Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Memanfaatkan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Al-Fikrah, 10(2),

Amiruddin, A., Walidin, W. ., Gade, S. ., & Silahuddin. (2023). Istiqamah Seumubeuet Teungku Dayah Salafiyah Aceh: (Analysis of the Alamtologi Approach). Jurnal Al-Fikrah, 12(1), 82-95. https://doi.org/10.54621/jiaf.v12i1.626

Freddy Rangkuti, Measuring Customer Satisfaction, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003.

Grafindo Persada, 2001.

Hendi Irawan, 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, Jakarta: PT.ELEX Media Komputindo 2002.

Kasmir, Customer Services Excellent Teori dan Praktek Teori Dan Praktek, Jakarta: PT Raja

Kasmir, Customer Services Excellent Teori dan Praktek, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2017.

Philip Kotler, Manajemen Pemasaran Analisa, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian, terjemahan Hendra Teguh Rusli, Jakarta : Prenhalindo, 1997.

Somantri Ating dan Sambas Ali Muhidin, Aplikasi Statistika dalam Penelitian, Bandung: Pustaka Setia, 2006.

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatf Kualitatif dan R&D, Cet, ke-19, Bandung: Alfabeta, 2013.

Tatik Suryani. Manajemen Pemasaran Strategic Bank Di Era Global, Jakarta: Kencana, 2017.

Tatik Suryani. Manajemen Pemasaran, Strategic Bank Di Era Global, Jakarta: Kencana, 2017.

Veithzal Rival Zainal, dkk, Islamic Marketing Management, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2017.

Zaenal Arifin, Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: Lentera Cendikia, 2008.

Published

2023-12-31

How to Cite

Hasballah, I. (2023). Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Grong-Grong Sigli. Jurnal Al-Mizan, 10(2), 204-214. https://doi.org/10.54621/jiam.v10i2.658

Issue

Section

Artikel