Dinamika Kepemimpinan Kepala Desa dalam Penerapan Hukum Islam dan Tata Negara di Aceh

Authors

  • Musafirul Hadi Institut Agama Islam Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiam.v11i1.821

Keywords:

Dinamika, Kepemimpinan, Hukum Islam, Tata Negara

Abstract

Artikel ini mengkaji dinamika kepemimpinan kepala desa dalam menerapkan hukum Islam dan tata negara di Provinsi Aceh, Indonesia. Dengan menggunakan metode studi kepustakaan, artikel ini mengeksplorasi bagaimana kepala desa di Aceh mengintegrasikan prinsip-prinsip syariah dengan tata negara dalam menjalankan pemerintahan. Kajian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang yang dihadapi oleh kepala desa dalam konteks unik pemerintahan Aceh yang berlandaskan pada hukum Islam. Kajian ini menemukan Kepemimpinan kepala desa dalam konteks penerapan hukum Islam dan tata negara di Aceh adalah dinamis dan penuh dengan tantangan serta peluang. Kepala desa memegang peranan kunci dalam memastikan bahwa penerapan hukum Islam dapat berjalan harmonis dengan tata negara, mempromosikan keadilan sosial dan keharmonisan dalam masyarakat.

References

Abbas, Syahrizal. 2009. Syariat Islam Di Aceh, Ancangan Metodologis Dan Penerapannya. Banda Aceh: Dinas Syariat Islam Provinsi Aceh.

Abubakar, Al Yasa’. 2006. Syariat Islam Di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam Paradigma Kebijakan Dan Kegiatan. Banda Aceh: Dinas Syariat Islam Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Afandi, M., & Afandi, S. A. (2018). Implikasi Tata Kelola Sektor Publik Era Reformasi. Tunas Gemilang.

Asiah, N. (2017). Respon dan Partisipasi Masyarakat Sipil terhadap Pelaksanaan Syariat Islam di Aceh Jaringan Masyarakat Sipil Peduli Syariat (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Hayani, A. (2018). Penerapan Syari’at Islam di Aceh Antara Kenyataan dan Harapan (Menelusuri Budaya Masyarakat Aceh Masa Lampau dalam Manuskrip). Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, 1, 77-83.

Ismail, Azman. (2011). Syari’at Islam di Nanggroe Aceh Darussalam, Dinas Syari’at Islam Aceh: Nanggroe Aceh Darussalam.

Mubarak, Jaih. (2000). Sejarah Perkembangan Hukum Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhammad, Rusjdi Ali & Sumardi, Dedi. (2011). Kearifan Tradisional Lokal: Penyerapan Syari’at Islam dalam Hukum Adat Aceh, Dinas Syari’at Islam Aceh: Nanggroe Aceh Darussalam.

Mujiburrahman. (2011). Pendidikan Berbasis Syari’at Islam di Aceh, Dinas Syari’at Islam Aceh: Nanggroe Aceh Darussalam

Muktarruddin, M., Imelda, P., Natasya, N., Rizky, A., & Pane, M. S. K. (2023). Dinamika Dominasi Ulama Dalam Menetapkan Urusan Hukum Keislaman di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 12849-12860.

Yusuf, A., & Mahdi, S. (2018). "Governance and Syariah in Aceh: Role of Village Heads". Asian Journal of Political Science, 26(2), 204-220.

Published

2024-04-30

How to Cite

Hadi, M. (2024). Dinamika Kepemimpinan Kepala Desa dalam Penerapan Hukum Islam dan Tata Negara di Aceh. Jurnal Al-Mizan, 11(1), 13-22. https://doi.org/10.54621/jiam.v11i1.821

Issue

Section

Artikel