QRIS sebagai Wujud Pelaksanaan Amanah Syariah dalam Bermuamalah
DOI:
https://doi.org/10.54621/jiam.v11i1.919Keywords:
QRIS, Fiqh Muamalah, Transaksi Syariah, Teknologi DigitalAbstract
Transaksi berbasis syariah membutuhkan alat pembayaran modern yang tetap memenuhi prinsip-prinsip fiqh muamalah, seperti keadilan, amanah, dan transparansi. QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) hadir sebagai solusi pembayaran digital yang menawarkan transparansi, inklusivitas keuangan, dan keamanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi potensi QRIS dalam mendukung transaksi berbasis syariah. Metode kajian ini menggunakan studi kepustakaan dengan pendekatan analitis terhadap literatur terkait fiqh muamalah dan teknologi digital. Hasil kajian menunjukkan bahwa QRIS dapat meningkatkan transparansi melalui jejak digital real-time, mendukung inklusivitas keuangan bagi masyarakat tanpa rekening bank, dan meminimalkan risiko kehilangan uang tunai. Selain itu, QRIS dapat diadaptasi untuk transaksi berbasis syariah dengan integrasi terhadap akad-akad seperti salam dan ijarah secara virtual. Kesimpulan penelitian menegaskan bahwa QRIS selaras dengan maqasid syariah dalam mendukung efisiensi dan kemaslahatan umat. Temuan ini berkontribusi pada pengembangan sistem keuangan digital berbasis syariah yang lebih inklusif dan sesuai dengan prinsip Islam.
References
Baderan, S. (2024). Hubungan Agama dan Negara dalam Perspektif Dr. Yusuf Al-Qaradhawi. Farabi, 21(1), 17–38.
Febriyanti, A. I., & Anshori, M. I. (2024). Using the Qris Bri Mobile Payment Method to Increase Profitability of MSMEs. Indonesian Journal of Entrepreneurship and Startups, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.55927/ijes.v2i2.10224
Fitriani, Deti, S., & Sunantri, S. (2022). Etika Bisnis Islam Menurut Imam Al-Ghazali Dan Yusuf Al-Qaradhawi. CBJIS: Cross-Border Journal of Islamic Studies, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.37567/cbjis.v4i1.1269
Halim Ismail, A., & Zaid Mustafar, M. (2024). Analysis of the Priority Elements on Common Society According to the Thoughts of Yusuf Al-Qaradawi. International Journal of Research and Innovation in Social Science, VIII(IIIS), 4471–4480. https://doi.org/10.47772/IJRISS.2024.803325S
Idris Siregar, Ucok Kurnia Meliala Hasibuan, & Hazriyah. (2024). Prinsip Prinsip Dasar Muamalah Dalam Islam. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(4), 113–124. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i4.808
Khanin, I., Bilozubenko, V., & Sopin, Y. (2022). Improving The Level of Economic Effectiveness of Electronic Payment Services In A Global Digital Economy. Baltic Journal of Economic Studies, 8(1), 148–158. https://doi.org/10.30525/2256-0742/2022-8-1-148-158
Kristanty, D. N. (2024). Tren dan Tantangan Keamanan Bertransaksi dengan Qris dalam Era Transformasi Sistem Pembayaran Digital. Jurnal Syntax Admiration, 5(10), 3923–3933. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i10.1538
Kurniasih, N., Suherma, L., & Triani, M. (2023). Pemanfaatan QR Code Sebagai Dasar Pencatatan Penerimaan Kas Digital (Laundry Kalesco Pontianak). Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(9), Article 9. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i9.5658
M. Irfan Juliansyah & Memet Juliansyah. (2018). Analisis Good Corporate Governance Dalam Rangkapengembangan Perbankan Syariah (Study Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bandar Lampung).
Movitaria, M. A., Ode Amane, A. P., Munir, M., Permata, Q. I., Amiruddin, T., Saputra, E., Ilham, I., Anam, K., Masita, M., Misbah, Muh., Haerudin, H., Halawati, F., Arifah, U., Rohimah, R., & Siti Faridah, E. (2024). Metodologi Penelitian. CV. Afasa Pustaka.
Okanlawon, S. U., Zagoon-Sayeed, H., & Salisu, T. M. (2024). Diagnosing Qur’ānic Precepts on Wealth Creation in Digital Age. Invest Journal of Sharia & Economic Law, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.21154/invest.v4i1.8422
Pravitasari, E., & Fauziyah, A. (2023). The Influence of Lifestyle, Perceived Convenience, And Promotion on The Decision to Use Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Return : Study of Management, Economic and Bussines, 2(8), 784–794. https://doi.org/10.57096/return.v2i8.131
Pusparini, M. D. (2023). Maqasid Sharia-Based Financial Plan to Prevent Conspicuous Consumption Among Muslim Household. Al-Tijary, 8(1), 15–30. https://doi.org/10.21093/at.v8i1.5040
Rosita, A., & Mustaqim, Y. (2023). Online Based Marketing Strategy in Sharia Economic Perspective. Proceeding of International Conference on Islamic Economics, Islamic Banking, Zakah and Waqf, 1171–1182. https://doi.org/10.24090/ieibzawa.v1i1.810
Saputra, R. (2022). مركزية مقاصد الشريعة في تنزيل الأحكام على القضايا المعاصرة. Al-Zahra : Journal for Islamic and Arabic Studies, 19(2), 227–244. https://doi.org/10.15408/zr.v19i2.24603
Sarah, F. (2024). Marketing Strategy for QRIS Cross Border as A Feature for FILPay App. International Journal of Current Science Research and Review, 07(07), 5859–5869. https://doi.org/10.47191/ijcsrr/V7-i7-106
University of Malaya, Sarif, A., Ariyanti, R., & Universiti Sains Islam Malaysia. (2024). The Innovation of Digital Payment System with QRIS in National Open API and Maqasid al-Sharia Standards. International Journal of Applied Business and International Management, 9(2), 96–114. https://doi.org/10.32535/ijabim.v9i2.2553
Uzule, K., Gobniece, Z., Titko, J., & Titko, J. (2024). Digital Transformation Of Economies Through Technology, Education And Competences. Problems of Education in the 21st Century, 82(5), Continuous. https://doi.org/10.33225/pec/24.82.758