Integrasi Pendidikan Tinggi dan Pesantren dalam Penguatan Konsep Ekonomi Islam

Authors

  • Mursal Mursal Universitas Islam Al-Aziziyah Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiam.v11i1.924

Keywords:

Integrasi, Pesantren, Ekonomi Islam, Kolaborasi

Abstract

Latar belakang artikel ini berfokus pada integrasi pendidikan tinggi dan pesantren dalam memperkuat konsep ekonomi Islam di Indonesia, yang merupakan tema penting dalam perkembangan sektor ekonomi syariah. Meskipun pendidikan tinggi dan pesantren memiliki peran yang signifikan, potensi kolaborasi antara kedua institusi ini masih terbatas, terutama dalam hal pengembangan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan ekonomi Islam yang berkembang pesat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali potensi integrasi pendidikan tinggi dan pesantren dalam penguatan ekonomi Islam. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka (library research), dengan menganalisis literatur terkait integrasi pendidikan tinggi dan pesantren serta penerapan ekonomi Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun ada beberapa upaya integrasi, masih ada kesenjangan dalam implementasi model kolaborasi yang lebih luas. Oleh karena itu, diperlukan langkah konkret dalam merancang kurikulum bersama yang dapat menjembatani perbedaan kedua institusi dan memperkuat kontribusi mereka terhadap pengembangan ekonomi Islam. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam merancang sistem integrasi yang lebih efektif antara pendidikan tinggi dan pesantren, serta memberikan wawasan untuk pengembangan kebijakan pendidikan yang relevan dengan kebutuhan sektor ekonomi Islam di Indonesia.

References

Barom et. al, M. N. (2013). Islamic economics education in Southeast Asian universities. Centre for Islamic Economics, IIUM and International Institute of Islamic Thought, Herndon.

Darojat, S. (2023). Navigating Tradition and Innovation: A Comprehensive Study of Organizational Development in East Java’s Islamic Boarding Schools. Abjadia : International Journal of Education, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.18860/abj.v8i2.22869

Fattah, I. A., & Muchlis, M. M. (2024). Penerapan Akad Mudharabah dan Musyarakah dalam Sistem Ekonomi Syariah. Jurnal Inovasi Ekonomi Syariah Dan Akuntansi, 1(6), Article 6. https://doi.org/10.61132/jiesa.v1i6.566

Fuadi, A., Kurnia, A. S., Firmansyah, Sugiyanto, F. X., & Zusak, M. B. F. (2024). Pelatihan Santripreneur Melalui Pengenalan Digital Marketing Untuk Santri Pondok Pesantren Darul Ulum Tragung Batang. Beujroh : Jurnal Pemberdayaan Dan Pengabdian Pada Masyarakat, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.61579/beujroh.v2i3.224

Hendra Halim, Fadhil, R., & Rahimi, S. A. E. (2024). Model of University Entrepreneurial Education Development Strategy for Preparing the Golden Generation Toward 2045: Islamic Entrepreneurship Perspective. Asian Journal of Management Analytics, 3(4), 1185–1206. https://doi.org/10.55927/ajma.v3i4.11901

Husain Insawan, A. (2023). Sharia-Based Economic Empowerment For Islamic Boarding School: A Study On Gontor Modern Islamic Boarding School At South Konawe. Russian Law Journal, 11(3s), Article 3s. https://doi.org/10.52783/rlj.v11i3s.742

Ibadi, H., Masruroh, N., & Is’adi, M. (2024). Financial Management Model in Realizing the Economic Independence of Islamic Boarding School. The Eastasouth Journal of Social Science and Humanities, 2(01), Article 01. https://doi.org/10.58812/esssh.v2i01.342

Kristin K, W., & Richard, V. (2015). Engaging Students with Global Challenges across the Curriculum. Diversity & Democracy, 18(3).

Movitaria, M. A., Ode Amane, A. P., Munir, M., Permata, Q. I., Amiruddin, T., Saputra, E., Ilham, I., Anam, K., Masita, M., Misbah, Muh., Haerudin, H., Halawati, F., Arifah, U., Rohimah, R., & Siti Faridah, E. (2024). Metodologi Penelitian. CV. Afasa Pustaka.

Pylypiv, V., Diachenko, R., Nikolaiko, H., Kuzmenko, T., Vlasenko, S., & Makhrova, A. (2022). Modern Approaches to Teaching and Assessment of Higher Education Seekers: A Conceptual Vision. Journal of Higher Education Theory and Practice, 22(18), Article 18. https://doi.org/10.33423/jhetp.v22i18.5709

Rianawaty, I., Suyata, Dwiningrum, S. I. A., & Yanto, B. E. (2021). Model of Holistic Education-Based Boarding School: A Case Study at Senior High School. European Journal of Educational Research, 10(2), 567–580. https://doi.org/10.12973/eu-jer.10.2.567

Rohmadi, Ibrahim, D., & Munir. (2024). Model of Internalization of Religious Moderation Values in Salafiyah Boarding Schools. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(3), Article 3. https://doi.org/10.35723/ajie.v8i3.574

Siswanto, H., & Muhammad, A. D. (2024). The Role of Islamic Boarding Schools as Educational Institutions for Forming the Character of Students. Anjasmoro: Islamic Interdisciplinary Journal, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.69965/anjasmoro.v2i1.75

Published

2024-06-30

How to Cite

Mursal, M. (2024). Integrasi Pendidikan Tinggi dan Pesantren dalam Penguatan Konsep Ekonomi Islam. Jurnal Al-Mizan, 11(1), 181-192. https://doi.org/10.54621/jiam.v11i1.924

Issue

Section

Artikel