This is an outdated version published on 2021-12-31. Read the most recent version.

Pelaksanaan Tugas Komite Pada Masa Covid-19 Di MTSN Matangkuli Aceh Utara

Authors

  • Muhajir Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v7i2.132

Keywords:

Tugas Komite Masa Covid, Pelaksanaan

Abstract

Abstrak

Pendidikan sangat berperan penting dalam meningkatkan potensi manusia untuk mengembangkan ilmu pengetahuannya. Pendidikan menjadi suatu kebutuhan hidup guna mencari kehidupan yang diarahkan kepada kemajuan dan perkembangan kearah yang lebih baik dari sebelumnya. Dalam lembaga pendidikan terdapat lembaga organisasi yang salah satunya adalah komite sekolah yang mempunyai komitmen dan loyalitas serta peduli terhadap peningkatan kualitas sekolah. Namun realita sekarang ini kadang komite sekolah sebagai pelengkap struktur sekolah saja tanpa ada peran atau kegiatannya. Maka dari itu penulis melakukan penelitian tentang Pelaksanaan Tugas Komite Sekolah Pada Masa Covid-19 di MTsN Matangkuli, dengan permasalahannya adalah bagaimana pelaksanaan tugas komite sekolah pada masa Covid-19 di MTsN Matangkuli dan apa saja hambatan dan dukungan dalam pelaksanaan tugas komite sekolah pada masa Covid-19 di MTsN Matangkuli. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan penelitian field research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tugas komite sekolah pada masa Covid-19 di MTsN sudah bisa dikatakan baik, karena dalam pelaksanaan tugasnya, Komite Sekolah meningkatkan intesitas musyawarah dalam rangka melahirkan kebijakan pembelajaran selama Covid-19, kemudian komite menganalisa terhadap kemungkinan terhadap kendala-kendala dalam pelaksanaan pendidikan secara daring. Kemudian komite memberikan masukan dan rekomendari serta meng evalusi kegiatan pembelajaran selama Covid-19 terjadi. Faktor pendukung pelaksanaan tugas komite sekolah di MTsN Matangkuli, besarnya dukungan dari wali murid, guru dan kepala sekolah, serta dukungan dari anggota komite itu sendiri. Sementara faktor penghambatnya seperti kesibukan pribadi dari masing-masing pengurus komite, keterlambatan dalam melaksanakan tugas, serta kesibukan wali murid.

References

Ahmad Tafsir, Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995)
Depdiknas, Lampiran Kepmendiknas nomor: 044/U/2002, (online) http: //www.mandikdasmen.depdiknas. go.id/docs/dok_16.pdf, diakses 11 Maret 2017.
E. Mulyasa, Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Cet. I, (Jakarta: Bumi Aksara, 2013)
E. Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003)
Engkoswara, dkk, Administrasi Pendidikan, (Bandung: Alfabet, 2010)
Iskandar, Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Sosial, (Jakarta: Ciputat Mega Mall, 2013)
Lexy. J. Moloeng, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1999)
Margono, Metode Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2000)
Rusman, Manajemen Kurikulum, Ed. I, (Jakarta: Rajawali Press, 2009)
Sri Renani Pantjastuti, dkk, Komite Sekolah: Sejarah dan Prospeknya di Masa Depan, Cet. I, (Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2008)
Suparlan, Membangun Sekolah Efektif, Cet.I, (Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2008)
Syaiful Sagala, Administrasi Pendidikan Kontemporer, (Bandung: Alfabet, 2000)
Undang-Undang Sisdiknas No. 20 tahun 2003, BAB IX Standar Nasional Pendidikan, pasal 35 ayat 1.
UU RI. No 20 Tahun 2003, Tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah Pasal 56
Winarno Surachmad, Dasar-Dasar dan Teknik Research, (Bandung: Tastito, 1998)
Zamroni, Paradigma Pendidikan Masa Depan Cet. I, (Yogyakarta: BIGRAF Publishing, 2000)

Published

2021-12-30 — Updated on 2021-12-31

Versions

How to Cite

Muhajir. (2021). Pelaksanaan Tugas Komite Pada Masa Covid-19 Di MTSN Matangkuli Aceh Utara. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 7(2), 266-277. https://doi.org/10.54621/jiat.v7i2.132 (Original work published December 30, 2021)