Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Model Numbered Head Together (NHT) Pada Materi Tawakkal, Ikhtiyar, Shabar, Syukur, Dan Qana’ah Siswa Kelas VIII Di MTSS Baitul A’idah Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.54621/jiat.v4i2.193Keywords:
Model, Numbered Head Together, Hasil BelajarAbstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak materi Tawakkal, Ikhtiyar, Shabar, Syukur, dan Qana’ah siswa kelas VIII MTsS Baitul A’idah tahun ajaran 2017/2018? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Tawakkal, Ikhtiyar, Shabar, Syukur, dan Qana’ah siswa kelas VII MTsS Baitul A’idah tahun ajaran 2017/2018?. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, dan wawancara. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 73,65 (61,54%) yang berada pada kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 88,27 (92,31%) dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 14,62. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa VIII MTsS Baitul A’idah.
References
Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sebuah Panduan Praktis, cet. 2. Bandung: Remaja Rosdakarya
Maunah, Binti. 2009. Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Teras
Suprijono, Agus. 2001. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Suwarno, Wiji. 2006. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka Publiser
Trianto. 2001. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara
Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafida, 2009.
Published
How to Cite
Issue
Section
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
<meta name="google-site-verification" content="my376V_zufsFS7u-tp5mnbkhXyMKWFtW5e61aFjBujU" />