Konsep Penyusunan Dan Pelaksanaan Evaluasi Dalam Proses Belajar Mengajar menurut Suharsimi Arikunto
Keywords:
Konsep, Evaluasi, PembelajaranAbstract
Evaluasi adalah kegiatan untuk mengumpulkan informasi tentang bekerjanya sesuatu, yang selanjutnya informasi tersebut digunakan untuk menentukan alternatif yang tepat dalam mengambil keputusan. Evaluasi ini penting diketahui bagaimana konsepnya di dalam pembelajaran. Dalam kajian ini penulis akan membahas tentang Konsep Penyusunan Dan Pelaksanaan Evaluasi Dalam Proses Belajar Mengajar menurut Suharsimi Arikunto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan. Hasil kajian ditemukan bahwa langkah-langkah penyusunan yang dilakukan oleh evaluator menurut Suharsimi Arikunto adalah: Menentukan tujuan mengadakan test, Mengadakan pembatasan terhadap bahan yang akan diteskan, Merumuskan TIK dari tiap bagian bahan, Menderetkan semua TIK dalam tabel persiapan yang memuat pola aspek tingkah laku terkandung dalam TIK itu, Menyusun tabel spesifikasi yang memuat pokok materi, aspek berpikir yang diukur beserta imbangan antara kedua hal tersebut dan Menuliskan butir-butir soal didasarkan atas TIK yang sudah dituluiskan pada tabel dan aspek tingkah laku yang dicakup.
References
Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakkir, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.
Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Cet. I, Jakarta: Media Pratama, 2005.
Abudin Nata, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. I, Jakarta: Gaya Media Pratama, 2005.
Al-Rasyidin, dkk, Filsafat Pendidikan Islam Pendekatan Historis, teoritis dan Prkatis, Jakarta: Ciputat Press, 2005.
Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Cet. I, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
Daryanto, Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Pustaka Hidayah, 2005.
John M. Echols dan Hassan Shadily, Kamus Inggris-Indonesia, tk: tp, tt.
M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
M. Buchari, Teknik-teknik Evaluasi dalam Pendidikan, Bandung: Jemmars, 1980.
Mappanganro, Implementasi Pendidikan Islam di Sekolah, Ujungpandang: Yayasan Ahkam, 1996.
Oemar Hamalik, Pengajaran Unit,Bandung: Alumni, 1982.
Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, tt.
Ratumanan, Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar, Bandung: Remaja Karya, 2003.
Sudijono, Pengantar EvaluasiPndidikan, Jakarta: Rajawali Pers, 1996.
Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 1990.
Published
How to Cite
Issue
Section
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
<meta name="google-site-verification" content="my376V_zufsFS7u-tp5mnbkhXyMKWFtW5e61aFjBujU" />