Manajemen Pengawasan Pimpinan Dayah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Santriwati Di Dayah Baitul Ihsan Al-Hanafiah Samalanga
DOI:
https://doi.org/10.54621/jiat.v10i1.841Keywords:
Manjemen, pengawasan, santri, dayah, Baitul IhsanAbstract
Keberadaan pimpinan Dayah Baitul Ihsan Al-Hanafiah Gampong Putoh Kecamatan Samalanga tidak semua aktivitas di dayah dapat mengontrolnya terlebih ada kegiatan rutin diluar dayah dan ini hendaknya seorang pimpinan mampu mengelola pengawasan dengan adanya suatu metode atau pola pengawasan yang terstruktur. Idealnya tugas seorang pimpinan yaitu melakukan pengawasan terhadap terlaksananya seluruh kegiatan yang ada di Dayah Baitul Ihsan Al-Hanafiah Samalanga melalui para staf dibawanya para guru. Namun pada dasarnya pimpinan lembaga pendidikan, para guru, terkadang tidak sepenuhnya mengawasi kedisiplinan para santri dikarenakan beragam kesibukan dan tugas masing-masing diluar dayah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Sementara teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Implementasi manajemen pengawasan pimpinan dayah dalam meningkatkan kedisiplinan santriwati Dayah Baitul Ihsan Al-Hanafiah Samalanga. dilakukan dengan dua cara, pertama, secara tidak langsung. Metode ini dilakukan pengawasan dari pihak dewan guru, pengawasan dari santriwati dan pengawasan dari masyarakat. Implementasinya bisa disampaikan secara langsung kepada pihak keamanan atau humas dayah atau pimpinan dayah baik lisan atau tulisan. Kedua pengawasan secara langsung yang dilkakukan pimpinan Dayah Baitul Ihsan Al-Hanafiah Samalanga. Sementara itu faktor penghambatnya ada dua macam, pertama, sulitnya santriwati yang menerima aturan berlaku. Kedua, kurangnya kepedulian dewan guru terhadap kewajiban dan tanggungjawab dalam pengawasan di dayah tersebut.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
<meta name="google-site-verification" content="my376V_zufsFS7u-tp5mnbkhXyMKWFtW5e61aFjBujU" />